Selasa, 26 September 2017 | 01:35

Lagi, Fasha Bagikan Kursi Roda, Dorong Kemandirian Penyandang Disabilitas

KOTAJAMBI – Program inspiratif bernuansa spirit sosial, “Berbagi Kursi Roda Gratis Wali Kota Jambi” yang dipelopori oleh Wali Kota H. Syarif Fasha terus berlanjut. Pada hari Senin (15/5), Wali Kota Fasha kembali menyerahkan bantuan kursi roda gratis di 5 lokasi yang berbeda dalam wilayah Kota Jambi.

Walaupun dalam kondisi sedang berpuasa sunnah, tidak menyurutkan langkah dan semangat Wali Kota yang terkenal dengan jargon “3 Tahun Bangkit” tersebut untuk turun menyapa masyarakat yang membutuhkan uluran tangan disela-sela aktifitasnya yang menggunung.

Sambutan hangat serta antusias penerima, maupun masyarakat dilingkungan sekitar, semakin menguatkan niat dirinya untuk senantiasa membantu warga yang sangat membutuhkan bantuan tersebut. Hal tersebut tampak nyata saat Wali Kota Fasha yang langsung mengunjungi beberapa lokasi penerima bantuan kursi roda gratis.

Dilokasi pertama, Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda kepada Yayan Apriadi, warga RT. 07 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Kotabaru. Karena kelumpuhan yang dideritanya, Yayan hanya bisa berdiam diri dirumah tak berdaya.

Oleh karenanya, dengan bantuan kursi roda ini, Fasha berharap, Yayan dapat dengan leluasa secara mandiri keluar rumah guna bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Manfaat lainnya adalah Yayan akan mendapat asupan energi dari cahaya matahari yang sangat baik membantu penyembuhan sakitnya.

Di lokasi kedua penyerahan kursi roda gratis, Wali Kota Fasha menyerahkannya kepada Nurlisa Depayanti, warga RT 02 Kelurahan Kenali Asam Bawah Kecamatan Kotabaru. Wanita yang berusia 45 tahun tersebut, sejak kecil telah mengalami kelumpuhan. Saat ini dirinya hanya hidup bersama ibunya.

Nurlisa yang hanya berdiam diri terbaring dirumah itu sebelumnya telah memiliki kursi roda sendiri sejak kecil. Namun karena faktor usia, kursi roda tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi karena rusak. Suasana haru tampak menyelimuti rumah Nurlisa, saat Dahniar, ibunda Nurlisa, meneteskan air mata, mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya saat bertemu Wali Kota Fasha.

“Terima kasih untuk Pak Fasha yang masih mau memperhatikan masyarakat seperti kami. Kami doakan bapak terus diberikan kemudahan untuk membantu, karena masih banyak masyarakat lain seperti kami yang membutuhkan bantuan seperti kami,” ujar Dahniar.

Dilokasi ketiga, Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kepada Mbah Ngatirah, warga Jalan Multatuli Mayang Mangurai Kecamatan Alam Barajo. Nenek yang berusia 86 tahun tersebut masih tampak bugar. Namun dikarenakan serangan stroke sejak 10 tahun yang lalu, membuat Nenek Ngatirah hanya bisa terbaring ditempat tidurnya.

Wali Kota Fasha pun menaruh perhatian lebih dengan menanyakan kondisi pengobatan Ngatirah selama ini. Rasa syukurpun tampak dari raut wajah Wali Kota Fasha, karena program inovasi “Klinik Lansia” yang dicanangkan selama ini bagi manula, dapat juga dirasakan manfaatnya oleh nenek Ngatirah.

“Petugas puskesmas selama ini rutin datang kerumah Pak untuk memeriksa orang tua kami. Terima kasih Pak atas pelayanan staf Bapak selama ini,” tutur salah seorang putri Ngatirah.

Dilokasi keempat, Wali kota Fasha menyerahkan bantuan kepada Hernayati (58) yang menderita kelumpuhan akibat penyakit komplikasi. Warga RT. 09 Kelurahan Beringin Kecamatan Pasar Jambi tersebut, dengan penuh suka cita menyambut kedatangan orang nomor satu di Kota Jambi tersebut.

Menurutnya, kedatangan orang yang menjenguknya saja dapat mengobati penderitaan sakit yang dialaminya, apalagi didatangi oleh seorang Wali Kota Jambi. “Semoga kehadiran bapak Wali Kota memotivasi kami untuk sembuh, mohon doanya Pak,” ujarnya.

Saat hari beranjak sore, Fasha pun masih terus mengantarkan kursi roda untuk warganya. Menjelang Maghrib, Fasha mengunjungi kediaman Miski di RT. 03 Simp. IV Sipin Telanaipura. Di lokasi kelima itu, Fasha kembali menyerahkan bantuan kursi rodanya. Tampak warga sekitar kediaman Miski antisias menyambut kedatangan Wali Kota Fasha yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh warga. Suasana santaipun diciptakan Fasha dengan bercengkrama dan “ngobrol” santai dengan warga sekitar. Miski yang menerima bantuan kursi roda pun sempat tergelak tawa bahagia sambil juga mencoba kursi roda barunya.

Ditempat itu, Fasha pun juga tak lupa mengajak masyarakat untuk turut serta berperan dalam memotivasi penderita disabilitas disekitar tempat tinggalnya, karena dukungan warga terdekat, mampu memberikan motivasi bagi penderita tersebut untuk percaya diri dan hidup mandiri.

“Kami harap bantuan ini dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi saudara kita yang menderita disabilitas selama ini. Semoga dengan adanya kursi roda ini dapat membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari, karena selama ini banyak dari mereka yang hanya tergolek ditempat tidur. Semoga mereka bisa menghirup udara segar, beraktifitas diluar dan bersosialisasi. Kami harap para tetangga juga ikut memotivasi mereka agar percaya diri dan hidup mandiri,” terang Fasha. (INFOJAMBI.COM)

Laporan : Dicky

Kategori Kesehatan,Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.