Lagi, Inovasi Wali Kota Fasha, Musrenbang RKPD Kota Jambi Disiarkan Live

Syarif Fasha

KOTAJAMBI — Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Jambi akan berlangsung Senin (3/4). Musrenbang yang berbeda dari biasanya karena disiarkan secara langsung melalui televisi dan radio itu akan dilaksanakan di Abadi Convention Centre.

Ini adalah yang ke 2 kalinya, Pemerintah Kota Jambi menggelar Musrenbang secara live di televisi dan radio. Sebelumnya Pemkot Jambi telah menggelar Musrenbang secara live itu pada tahun 2016 lalu, dan itu menjadi satu-satunya Musrenbang di Indonesia yang disiarkan live melalui televisi dan radio.

Kreasi Wali Kota Jambi Syarif Fasha dengan menggelar Musrenbang yang disiarkan secara langsung melalui televisi dan radio itu selain inovatif juga sebagai jawaban akan kebutuhan dan tuntutan kekinian, yang mengharuskan pemerintah memberikan seluas-luasnya akses kepada masyarakat untuk mengetahui program dan rencana kerja pemerintah yang terbuka, akomodatif, partisiatif dan akuntabel.

Selain live melalui media massa, Televisi dan Radio, Pemerintah Kota Jambi melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah juga akan menyiarkan secara langsung Musrenbang tersebut melalui media sosial.

“Untuk optimalisasi penyebarluasan informasi ini, selain live di Televisi dan Radio, kami juga akan siarkan kegiatan Musrenbang ini secara langsung melalui media sosial Facebook dan IG dengan akun Humas Kota Jambi,” ujar Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar, saat ditemui di Abadi Convention Centre, Minggu (2/4).

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Jambi Dr. Donny Iskandar, MT, kepada media ini mengatakan, Musrenbang tersebut akan memaparkan pokok-pokok rencana pembangunan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2018, yang akan disampaikan langsung oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dihadapan ribuan peserta.

Donny menambahkan, Musrenbang RKPD Kota Jambi Tahun 2018 merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses musyawarah perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan sejak bulan Desember Tahun 2016 lalu, yang dimulai dari penyelenggaraan Musrenbang di tingkat kelurahan, guna menjaring aspirasi masyarakat di tingkat pertama yang kemudian dilanjutkan pada bulan Februari dan Maret dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan.

“Hasil itu kemudian kita formulasikan untuk menjaring dan mensingkronkan usulan-usulan Musrenbang Kelurahan berdasarkan kelompok bidang pembangunan dan prioritasnya dengan aplikasi Sistim Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIMREDA) Kota Jambi, yang tahun ini telah menginput sebanyak 3.351 usulan masyarakat, dengan persentase terbesarnya adalah usulan kegiatan infrastruktur,” ujar Donny.

Tahapan selanjutnya dari proses penyusunan perencanaan tersebut, lanjut Donny, adalah memadu serasikan usulan masyarakat dan perencanaan teknokratik yang terdapat didalam Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah Kota Jambi melalui Forum SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Besok (Senin-red) sebagai kelanjutan dari tahapan tersebut, Wali Kota Jambi akan menyampaikan Pokok-pokok Rencana Kerja Pemerintah Kota Jambi Tahun 2018 yang merupakan turunan dari RPJMD Kota Jambi 2013-2018 dihadapan ribuan peserta, mulai dari para Ketua RT, LPM, Lurah, Camat, perwakilan organisasi masyarakat, Akademisi, SKPD Kota Jambi, DPRD Kota Jambi, unsur Forkompimda, unsur DPRD dan Pemerintah Provinsi Jambi, kalangan Pers serta stakeholders pembangunan lainnya,” tambah Donny.

Musrenbang RKPD Kota Jambi yang mengusung tema “Mantapkan Era Kebangkitan untuk mewujudkan Kota Jambi Terkini”, itu selain mendengarkan paparan Wali Kota Jambi dan pihak-pihak terkait, juga akan diisi dengan dialog publik.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jambi tersebut akan menjadi wahana antar pihak-pihak yang langsung dan tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dengan pendekatan partisipatif.

Model Musrenbang Pemerintah Kota Jambi yang terbuka dengan memanfaatkan berbagai media ini patut mendapat apresiasi, selain memang telah diamanahkan pemerintah pusat, setidaknya hal ini juga menunjukan spirit kolektif jajaran Pemerintah Kota Jambi dalam mewujudkan Good Government dan Good Governance. (infojambi.com/d)

Laporan : Muhammad Sidqi

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.