Lanyalla Ajak Mitra MIKTA Jalin Kerjasama Ekonomi

PENULIS : BAMBANG SUBAGIO
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Mexico City-Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti mengajak negara-negara MIKTA lainnya untuk menjalin kerjasama bisnis, investasi, dan perdagangan dengan lebih dari 500 kabupaten/kota di 34 propinsi Indonesia.

Ajakan itu disampaikannya ketika ia memimpin sidang sesi kedua ketua-ketua parlemen Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia (MIKTA) yang diadakan di ibukota Meksiko, Kamis (7/11/2019).

“Di era otonomi daerah sekarang ini, ada banyak peluang usaha baru di berbagai daerah di Indonesia yang dapat digarap oleh mitra bisnis di negara-negara MIKTA lainnya, ” ujarnya Lanyalla.

Lanyalla menegaskan peluang usaha itu termasuk berkolaborasi dengan mitra-mitra Indonesia dengan menggunakan platform teknologi informasi yang menghapus jarak komunikasi antara satu negara dengan negara lainnya.

“Anda dapat berkolaborasi dengan kami di pelbagai bidang ekonomi kreatif termasuk industri kuliner, mode dan kecantikan, perfileman dan animasi, inovasi digital, penyiaran media baru, belanja online, kerajinan tangan, dan berbagai subsektor lainnya dari perekonomian yang berbasis teknologi, ” katanya.

Kepada para ketua parlemen MIKTA dan duta-duta besar serta diplomat lainnya yang menghadiri forum konsultasi ke-5 ketua-ketua parlemen MIKAT tersebut, Lanyalla menyatakan secara kontribusi terhadap PDB, Indonesia sudah menjadi negara terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Sebab nilai kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap PDB sudah mencapai 20 miliar dolar AS dan mempekerjakan 8 juta pencipta lapangan pekerjaan (bukan pencari kerja) di sekitar 20 juta unit-unit usaha.

“Angka ini terus bertambah karena jutaan orang berbelanja secara online setiap hari melalui aplikasi mobile, ” ujarnya. ***

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.