Lembang Nan Berkembang

PENULIS : MURSYID SONSANG/KETUA FJM JAMBI
EDITOR : M ASRORI S

Ketua FJM Jambi, H Mursyid Sonsang (kanan) Foto/Mursyid Sonsang.

INFOJAMBI.COM – PT. Pertamina EP Asset 1 dan Asset 2 menggelar Edukasi dan Workshop Penyegaran untuk wartawan Sumatera Bagian Utara di Bandung dari tanggal 3 sampai 5 Juli 2019.

Sebanyak 40 wartawan dari berbagai media massa di Sumatera itu, di godok oleh pelatih dari Tempo Institut khususnya cara menulis feuture dengan langsung praktek di Objek Wisata Lembang Bandung.

Manager Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, M. Rizal Rukhaidan, mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas penulisan bagi wartawan dan kegiatan ini setiap tahun diadakan.

Lembang sudah lama dikenal dalam buku-buku pelajaran geografi sekolah dasar di Indonesia dengan teropong bintangnya.

“Dulu waktu SD hapal sekali, teropong bintang ada di Kota Lembang,” ujar Ilyas, Wartawan Senior Koran Sumut Pos ini.

Sejak 15 tahun terakhir, beberapa objek wisata dibangun di sekitar Lembang seperti Farmhouse, De ranch dan objek lainnya.

Tempat pertama dikunjungi rombongan, Farmhouse. Objek ini menerapkan konsep wisata terintegrasi sehingga pengunjung cukup datang ke satu area, lalu menikmati segala macam tipe wisata. Salah satunya ikon-ikon objek wisata di Eropah.

“Berkunjung ke sini, seperti keliling Eropah,” ujar Bahara Jati, wartawan dari Jambi.

Rombongan wartawan dari beberapa Provinsi di Sumatera yang sedang mengikuti safari jurnalistik di Kota Lembang. (Foto/Mursyid Sonsang).

Pengunjung akan merasakan banyak hal, dari sekadar jalan-jalan menyegarkan diri dengan udara pegunungan. Lokasi yang mudah dijangkau, harga tiket yang murah, serta jauh dari keramaian kota adalah keunggulan dari tempat wisata ini.

Tempat kedua dikunjungi, De Ranch Lembang. Objek ini merupakan salah satu yang populer di Lembang. Tempatnya strategis, tidak jauh dari pusat kota Lembang sehingga mudah dijangkau.

Tempat wisata ini mengusung konsep Western/Cowboy. Kita bisa bermain atau menunggang kuda, berfoto dengan kostum koboy yang tersedia, mengelilingi area dengan kuda, dan lain sebagainya.

Pastinya, untuk keluarga sangat cocok dengan konsep yang lumayan beda dengan tempat lainnya di Lembang, tentu bisa memberikan suasana segar bagi anda yang berlibur kesini.

De Ranc mulai dibuka untuk umum, sebagai tempat wisata menunggang kuda di tahun 2007 lalu.

Sedikit demi sedikit, tempat ini terus berbenah dan mengembangkan fasilitasnya. Akhirnya sekarang menjadi salah satu tempat wisata favorite. Pengunjung lokal maupun dari luar kota rasanya kurang afdol kalau berkunjung ke Lembang, tapi tidak datang ke De Ranch.

Sekarang, wahana permainan dan fasilitasnya sudah terbilang lengkap. Ada wahana permainan anak, outbond, area kuliner, permainan air, dan lain sebagainya.

Rombongan wartawan dari beberapa Provinsi di Sumatera ini, harus mengakhiri safari jurnalistiknya di Kota Lembang. Sekitar pukul 15.00 WIB bus membawa rombongan ke hotel kembali.

“Asyik objek-objeknya, nanti saya akan bawa keluarga ke sini,” ujar Abu, wartawan Palembang Pos ini.***

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.