Lihat Cara Satgas Pamtas RI-RDTL Cerdaskan Generasi Muda Penerus Bangsa

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Personel Pos Fatubesi Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ menciptakan motor pintar dengan perpustakaan keliling guna meningkatkan minat baca terhadap anak-anak selaku generasi muda penerus Bangsa di Desa Takirin Kec. Tasifeto Timur Kab. Belu NTT.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, Selasa (29/10/2019)

Disampaikan Dansatgas, dengan berbekal buku pengetahuan yang dibawa dari Satuan Yonif Raider 142/KJ Prop. Jambi, personel Pos Fatubesi Atas menciptakan motor pintar dengan perpustakaan keliling guna meningkatkan minat baca terhadap anak-anak, selaku generasi muda penerus Bangsa di daerah perbatasan sehingga mereka mengetahui bahwa dengan membaca banyak ilmu yang akan diperoleh, dan dapat meningkatkan motivasi berkreasi anak-anak dalam berinovasi agar dapat mengisi kemerdekaan.

“Kegiatan ini dipimpin oleh Sertu Angga Sastra selaku Danpos Fatubesi Atas beserta 4 orang personelnya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, 2 orang personel disiagakan untuk melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi tersebut, hal ini guna menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan,” ujar Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pengetahuan anak-anak perlu untuk dimotivasi semangat belajar mereka dengan suasana yang baru, adanya motor pintar diharapkan mereka memahami bahwa buku merupakan jendela dunia yang baik untuk meningkatkan kecerdasan generasi muda penerus Bangsa khususnya bagi anak-anak di usia dini, karena selain di sekolah mereka juga dapat membaca buku disela-sela waktu mereka bermain bersama-sama anak lainnya, akan dapat meningkatkan semangat untuk membaca,” imbuhnya.

Seperti yang dilakukan oleh personel Pos Fatubesi Atas, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. mereka berinisiatif untuk menciptakan motor pintar dengan perpustakaan keliling, sehingga terlihat peran serta Satgas Pamtas dalam bidang pendidikan, untuk membantu sekolah dalam membimbing anak-anak dalam menulis dan membaca sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap 3 kali dalam seminggu untuk berkeliling dari dusun ke dusun dalam Desa Takirin sebagai wujud ketulusan dan kepedulian Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ terhadap anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa, dalam menambah wawasan dan pengetahuan dengan memanfaatkan buku-buku yang dibawa dari Satuan asal, Pos Fatubesi Atas juga telah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk memperbanyak koleksi buku yang tersedia di perpustakaan keliling pada motor pintar, selain itu mereka juga dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat guna mendapatkan saran dan masukkan dalam mendukung tugas pokok sebagai penjaga perbatasan NKRI,”

Terpisah, Fransiscus (37) selaku ketua RW Desa Takirin mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Fatubesi Atas Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI yang telah menciptakan motor pintar dengan perpustakaan keliling untuk anak-anak kami, motor pintar ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kami karena dapat membantu dan menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang dibawa perpustakaan keliling tersebut,” ungkapnya

Olive (13) menyampaikan bahwa ia sangat gembira dan berterima kasih atas motor pintar yang diciptakan personel Pos Fatubesi.

“Kami disini sangat senang atas kehadiran bapak-bapak TNI, melalui motor pintar dengan perpustakaan keliling maka kami dapat belajar bersama-sama untuk menambah wawasa tentang pengetahuan,” ucapnya.

Prada Surbakti mengatakan semoga apa yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak Bangsa di daerah Dusun Fatubesi Desa Takirin Kec. Tasifeto Timur Kabupaten Belu NTT.

“Kami berharap ketulusan dan keiklasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang humanis dan harmonis antara TNI dan masyarakat di Desa Takirin,” tandasnya.(penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.