Lima Formasi CPNS di Batanghari, Kurang Diminati

PENULIS : RADEN SOEHOER
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Dari 208 formasi CPNS yang telah dibuka di Kabupaten Batanghari, tahun 2019, lima formasi diantaranya kurang diminati oleh para pelamar.

208 formasi CPNS, tersebut terdiri dari 28 tenaga teknis, dan 159 tenaga pendidikan baik guru kelas maupun guru mata pelajaran, sisanya 21 merupakan tenaga kesehatan baik dokter, perawat maupun analis kesehatan lainnya.

Data dari Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Batanghari, ada 4.905 orang yang telah mengirimkan berkas lamarannya melalui online.

Setelah pendaftaran resmi ditutup, ada beberapa formasi yang sepi peminat, baik formasi umum ataupun penyandang disabilitas.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengembangan SDM BKPSDMD Kabupaten Batanghari, Yudi Satya Nugraha, Rabu (11/12/2019) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, dari ratusan formasi ada lima formasi umum yang kurang diminati pelamar, yakni Medim Veteriner atau Dokter Hewan dengan 3 pelamar, Analis Pariwisata 5 pelamar, Asisten Penata Anestesi 6 pelamar, Apoteker 10 pelamar dan Perekam Medis 11 pelamar.

“Sepertinya formasi ini memang jarang diminati oleh para pelamar. Contohnya dokter hewan, di Jambi pun memang sedikit peminatnya, namun di sini tetap ada yang daftar tapi tidak sesuai formasi,” katanya saat dikonfirmasi.

Sementara untuk formasi penyandang disabilitas, ada 4 formasi yang tersedia yakni Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa, Pariwisata, Pranata Komputer dan Analis Jabatan.

“Dari 4 formasi itu sampai saat ini yang mendaftar hanya 2 orang di formasi pengelolaan pengadaan barang dan jasa,” katanya.

Disamping itu, ia juga menyebut ada lima formasi guru yang paling diminati, yaitu Guru Matematika 734 pelamar, Guru Kelas 565 pelamar, Guru Bahasa Indonesia 469 pelamar, Guru Agama 334 pelamar dan Guru IPS sebanyak 257 pelamar. “Formasi guru ini yang paling ramai dari formasi lainnya,” katanya.

Meski demikian, tambah Yudi, di Kabupaten Batanghari tahun ini pelamarnya lebih ramai dibanding tahun lalu. “Tahun lalu itu hanya 1.700 pelamar, naik tiga kali lipat,” jelasnya.***

Kategori Batanghari

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.