Jumat, 24 November 2017 | 20:08

Lingga Dipastikan Tampil Pada MTQ ke-47

MUARASABAK – Ada yang istimewa pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jambi di Tanjab Timur. Selain diikuti 11 kontingen kafilah kabupaten dan kota se Provinsi Jambi, kontingen kehormatan dari Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau dipastikan ikut meramaikan pembukaan MTQ yang dijadwalkan tanggal 5 Agustus 2017.

Kepastian ini disampaikan langsung bupati Tanjabtim H Romi Hariyanto usai gladi kotor rangkaian pembukaan di Gelora Paduka Berhala, Senin sore (17/7). Kepada sejumlah media, bupati Romi menjelaskan bahwa kontingen kehormatan itu sengaja diundangnya langsung pada pertengahan Mei lalu. Saat itu Romi bersama sejumlah anggota DPRD bertandang ke Dabo Singkep Lingga untuk bersilaturrahmi dengan bupati Lingga H Alias Welo.

“Pak Wello sudah mengkonfirmasi akan hadir langsung saat pembukaan. Mereka juga akan kita berikan slot untuk tampil di rangkaian pembukaan nanti,” kata Romi.

Selain tampil pada malam pembukaan, bupati Romi dan bupati Wello juga direncanakan membahas sejumlah hal strategis terkait kerjasama kedua daerah. Untuk tahap awal masalah yang akan dibahas serius adalah kerjasama perdagangan dan perikanan kelautan. Namun, Romi tak menampik bahwa persoalan pariwisata khususnya pengelolaan Pulau Berhala juga akan dibicarakan. Dia berharap ada kesepahaman jangka penjang terkait pulau yang beberapa waktu lalu menjadi sengketa antara Kepri dan Jambi.

“Kita akan bicara tentang pulau Berhala, tapi tidak dari sisi hukum adminsitratif karena itu sudah selesai. Kita bicara dengan proyeksi kepentingan bersama yang tidak saling merugikan. Namun tentu saja hal itu bagian dari rangkaian kerjasama besar yang kita gagas bersama,” jelasnya.

Romi memang pernah menggagas muhibah rumpun Melayu antara Tanjabtim dan Lingga. Selain hubungan erat kekerabatan yang telah lama terjalin, posisi kedua daerah yang berbatasan dinilai sangat potensial untuk jalinan kerjasama ekonomi komprehensif. Baik Romi maupun bupati Wello sepakat bahwa kerjasama itu bisa menjadi kekuatan baru di kawasan perdagangan pesisir Sumatera bahkan regional Batam-Singapura-Johorbahru. (infojambi.com)

Laporan : Willy Bronson

 




Kategori Agama

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.