Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:34

M Dianto : Budaya Hidup Sehat Bermula dari Keluarga

Penulis : Raihan
Editor : Dora

foto : novriansah

INFOJAMBI.COM — Senam bersama menjadi pembuka acara launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Provinsi Jambi, sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-54 dan Deklarasi Bersama 28 Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), di Lapangan M10 Kecamatan Kayu Aro, Kerinci, Sabtu (17/11/2018).

Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup

Pada periode awal, Germas fokus dengan kegiatan melakukan aktivitas fisik konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara berkala, peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi hidup sehat.

Menurut Dianto, Germas menjadi momentum guna membudayakan pola hidup sehat masyarakat, “Mari kita budayakan hidup sehat melalui perubahan pola hidup sehat ke arah yang lebih sehat,” ajaknya.

Sekda menerangkan, pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian,

“Surat Edaran Gubernur Jambi telah disampaikan pada Bupati/Walikota. Diharapkan partisipasi seluruh komponen mendukung Germas,” ungkap Sekda.

Bupati Kerinci, Adirozal. menegaskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus dimulai dari diri sendiri, berlanjut pada tatanan masyarakat dan akhirnya dapat terwujud pada seluruh komponen bangsa,

“Selaku pimpinan, saya mengajak masyarakat Kerinci melakukan pola hidup sehat. Saat ini Kabupaten Kerinci berada di peringkat 256 dari 514 daerah yang masyarakatnya masih buang air besar sembarangan. Mari berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Adirozal.

Menyikapi pola hidup sehat dan bersih, pemerintah berupaya meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat melalui Germas Tingkat Provinsi, sekaligus memperingati Hari Kesehatan ke-54 di Kabupaten Kerinci. “Kerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalah kesehatan,” tegas Bupati Kerinci.

Usai pelepasan balon launching Germas Tingkat Provinsi Jambi, dilakukan penandatanganan komitmen bersama instansi kesehatan dan sosial, termasuk forum komunikasi pimpinan daerah serta pihak terkait, guna mewujudkan masyarakat dengan perilaku hidup sehat dan bersih. ***


Kategori Kesehatan,Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.