Mas Edi Purwanto Punya Jabatan Baru Lagi

Editor: Rahmad

Pengurus Pelaku Teater Indonesia (PTI) disambutan Edi Purwanto. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Pengurus Pelaku Teater Indonesia (PTI) Korda Jambi mendapat sambutan hangat dari Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di ruang kerjanya, Rabu, (08/09/2021).

PTI Korda Jambi diketuai Hendry Nursal,Edi Kuncoro selaku wakil ketua I, Titas Suwanda wakil ketua II, Nukman Humas Internal, Rully Anggraini dan Salira Ayatusyifa sebagai sekretaris.

“Kami datang memperkenalkan PTI sekaligus menyampaikan visi misi PTI secara nasional, yang nanti kami implentasikan di Provinsi Jambi. Harapan kami juga Ketua DPRD Provinsi Jambi bersedia menjadi salah satu Pembina,” ujar Hendry Nursal.

PTI dideklarasikan di Jakarta pada 10 Juni 2021, telah memiliki perwakilan Korda di 30 provinsi di Indonesia. PTI akan menjadi rumah, menjadi wadah bagi pelaku Teater, untuk mewujudkan pelaku yang profesional, berdaya saing global dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Seperti tujuan PTI memperjuangkan kesejahteraan dan hak-hak Pelaku Teater, mengembangkan kapasitas dan kompetensi Pelaku Teater,” kata bos Ketua PWI Kota Jambi ini.

Hendry menyebutkan, agenda dekat PTI Korda Jambi akan diadakan pertemuan urung rembuk program kerja serta target kinerja hingga 2025.

“Saya mendapat surat penunjukan dari PTI Pusat pada 26 Juli 2021, Alhamdulillah, mendapat respon positif dari rekan komunitas teater, maka pembentukan tidak memakan waktu yang panjang. Untuk di tingkat kabupaten/kota, walaupun sudah mendapat gambaran sebagai ketua Korda, rekan-rekan sedang proses komunikasi. Kami juga mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi melalui Taman Budaya Jamb,” sebut Hendry.

Hendry juga menuturkan, program pertama PTI yaitu Parade Monolog Nasional Pelaku Teater Indonesia (Pamonaspati) 2021 berlangsung secara virtual selama 30 hari penuh, ini adalah ruang kreatif pelaku teater di masa pandemi namun terus berkarya.

“Supaya seniman Teater terus berkarya namun aman dari potensi penularan Covid-19. Pamonaspati 2021 menggandeng Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudrisdikti) RI. Korda provinsi Jambi turut serta dalam kegiatan ini. Kita berharap Pamonaspati akan terus berlanjut baik secara virtual atau daring maupun secara luring. Tentunya Pamonaspati menjadi agenda, menjadi pesta serta hari raya Pelaku Teater di Indonesia,” tambahnya.

Titas Suwanda menambahkan, PTI Korda Provinsi Jambi masih merujuk pada program pusat.

“Kita masih menselaraskan dan menyesuaikan agenda pusat, namun kami akan melakukan penyusunan program bersama pengurus korda Provinsi Jambi,” kata Titas.

Edi Kuncoro turut menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Ketua DPRD Provinsi Jambi menjadi pembina PTI Korda Provinsi Jambi.

“Kami tentunya dengan harapan bersedianya ketua DPRD provinsi Jambi menjadi pembina, agar dapat diayomi dan dibina para anak-anak muda ini,” kata Edi Kuncoro.

Sementara itu, Edi Purwanto menyambut sangat baik adanya PTI Korda provinsi Jambi khususnya maka sudah selayaknya dapat bersinergi membangun dunia perteateran.

“Saya menyambut baik kedatangan para pengurus PTI Korda Jambi hari ini dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan unsur kepengurusan termasuk visi dan misi. Kita sangat mendukung hal-hal positif dan sangat mengapresiasi kreatifitas-kreatifitas, terpenting menjaga eksistensi tentu tidak terlepas dari kendala. Kendala itu yang harus diatasi, juga menjadi PR di PTI. Maka teater ini juga bisa menjadi dan harus menjadi nilai untuk investasi atau kontribusi teman-teman terhadap pembangunan provinsi Jambi kedepannya,” kata Edi Purwanto.

“Tidak ada alasan saya untuk menerima sebagai pembina karena ini untuk Jambi kedepannya serta sudah sepatutnya bersinergi membangun teater juga bersama instansi terkait. Tentunya selain rencanakan dengan baik juga diiringi actionnya ” ungkap Edi Purwanto.

Dia pun tak luput mengingatkan pengurus PTI Korda provinsi Jambi, dapat memperhatikan tata kelola manajemen, memiliki konsep dan tujuan yang jelas dalam pencapaiannya kedepan.

“Manajemen perlu diperhatikan, terus dalam setiap agenda tematik kegiatan selalu dipertimbangkan seperti mengusung konten-konten lokal yang dapat memperkenalkan Jambi ke kancah lebih luas. Sebab secara tidak langsung itu juga dapat membuat kami para wakil rakyat tersadarkan, bukan tersudutkan. Penting menjadi catatan, konsep dan tujuan yang jelas dalam pencapaian PTI korda provinsi Jambi kedepannya,” sebut Edi Purwanto.

Pada kesempatan ini Hendry Nursal menyerahkan berkas-berkas sebagai referensi kepada ketua DPRD Provinsi Jambi untuk mengenal lebih jauh Pelaku Teater Indonesia.

Mendengar sambutan hangat dari ketua DPRD Provinsi Jambi atas kunjungan PTI Korda provinsi Jambi, Ketua umum PTI Agus Setiawan yang akrab dikenal Adipati Lawe sampaikan apresiasi dan rasa hormatnya.

“Saya bahagia dan senang sekali, PTI Korda provinsi Jambi atas semangatnya setelah terbentuk kepengurusan langsung mengagendakan berjumpa ketua DPRD provinsi Jambi. PTI berterima kasih kepada dewan telah menyambut dengan hangat,” kata Agus Adipati.

Adipati berharap, dari pertemuan ini terjalinnya sinergitas dalam membangun bangsa.

“Harapan PTI bisa menjadi bagian organisasi penting di Jambi dan dapat bersinergi membangun bangsa untuk lebih baik,” katanya.

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.