Jumat, 24 November 2017 | 20:15

Masuk Organisasi Wartawan Di Korea Selatan Sangat Ketat….

korea-2SEOUL — Korea juga memiliki organisasi wartawan, sebagai himpunan para wartawan di Negeri Ginseng itu. Namanya Journalist Associated of Korea (JAK). Anggotanya sekitar 10 ribuan wartawan. Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan beberapa Ketua PWI provinsi di Indonesia, termasuk Ketua PWI Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang, sejak Jum’at lalu berkesempatan bersilaturrahmi dengan anggota JAK ini.

President Journalis Asociated of Korea, Jung Kyu Sung, mengungkapkan, hingga saat ini anggotanya mencapai 10 ribuan wartawan yang tersebar di seluruh Korea. Untuk masuk menjadi anggota JAK seleksinya sangat ketat. Tidak mudah.“Untuk bisa masuk JAK, tidak sembarangan wartawan. Harus dinilai oleh tim khusus yang beranggotakan sembilan orang,” tandas Jung Kyu Sun

Jung Kyu Sung menegaskan, dengan kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang saat ini, para wartawan di Korea terus berlomba meningkatkan profesionalismenya dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu syarat menjadi anggota JAK, kata Jung, penerbitan medianya harus jelas. Wartawannya juga mesti menguasai teknologi informasi dan memiliki kompetensi sebagai wartawan.

Jung yang dikenal sangat dekat dengan Presiden Korea Park Geun-hye dari Partai Saenuri ini menegaskan, wartawan Korea harus memiliki etika dan moral yang sangat tinggi. Tujuannya agar informasi yang mereka sampaikan benar-benar bermanfaat bagi orang banyak.

Ketua PWI Pusat Bidang Daerah, Atal S Depari yang memimpin rombongan PWI menyambut baik kerjasama JAK dengan PWI selama ini, dalam kunjungan kali ini PWI mengirim 10 orang rombongan yang berasal dari Ketua PWI Provinsi Jambi, Mursyid Sonsang, Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, Ketua PWI Sumbar H. Basril Basar, Ketua PWI Kepulauan Riau Ramon Damora, Ketua PWI Bengkulu Ahmad Zaki, Ketua PWI Banten Firdaus, Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi, Ketua PWI Jateng Amir Macmud dan Ketua PWI Kaltim Endro Effendi serta Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat Teguh Santosa, Kepala Bidang Research dan Litbang PWI Pusat Agus Sordibyo.

Menurut Atal, PWI merupakan organisasi wartawan terbesar di Indonesia dengan anggota lebih kurang 15 ribu orang yang merupakan organisasi wartawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hingga saat ini PWI terus meningkatkan kompetensi anggotanya dengan program UKW (Uji Kompetensi Wartawan), selain itu mengirim anggota PWI sekolah dan kunjungan singkat ke Negara luar untuk menambah pengalaman.

***

Catatan Mursyid Sonsang dari Korea Selatan

 




Kategori Dunia

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.