Minggu, 22 Oktober 2017 | 22:37

Masyarakat Minang Punya Andil Besar Bagi Pembangunan di Jambi

Gubernur Jambi, H Zumi Zola.

KOTAJAMBI – Masyarakat Minang Provinsi Jambi dihimbau untuk membantu membangun Provinsi Jambi, kata Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, saat menghadiri Halal bi Halal dan Pengukuhan Pengurus Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Provinsi Jambi Periode tahun 2017-2022, di RCC Jambi, Jumat (11/8).

Dikatakan Zumi Zola, Provinsi Jambi memiliki banyak etnis dan suku, budaya, maupun agama. Ketika suku, agama, budaya yang berbeda itu bersatu padu untuk membangun Provinsi Jambi, maka akan menjadi suatu kekuatan luar biasa.

“Keanekaragaman yang ada di Provinsi Jambi ini menjadi warna tersendiri dan segala perbedaan itu, menjadi sebuah kekuatan untuk membangun Provinsi Jambi, lebih baik dan maju,”ujar Zumi Zola.

Setiap suku di Jambi ini, turut berperan dalam membangun Jambi, sehingga bisa menjadi Provinsi yang besar dan mampu bersaing dengan daerah lain, termasuk masyarakat Minang turut memiliki kontribusi besar bagi pembangunan.

“Kontribusinya banyak, di segala bidang turut berkontribusi dan tentunya dukungan yang disampaikan oleh ketua umum bahwa masyarakat Minang yang ada di Jambi mencapai 15% mempunyai kekuatan yang luar biasa.

Ketua Umum HMM, Fadli Zon yang juga Wakil Ketua DPR RI, mengatakan, HMM sebagai wadah menampung seluruh potensi kekuatan masyarakat Minang yang ada di Jambi.

“Banyak sekali peran orang Minang di dalam kemerdekaan Republik Indonesia, seperti tokoh Proklamator Bung Hatta, tokoh yang kita banggakan yang juga Bapak ekonomi kerakyatan dan pendiri Republik,” jelas Fadli Zon.

Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan sebagainya, itu sudah dilakukan, Masyarakat Minang ini adalah bagian yang dijamin oleh konstitusi dan boleh dibilang Ikatan Keluarga Minang adalah bagian dari civil society, yang selalu berkontribusi di Jambi dan seharusnya jadi kontribusi terhadap terwujudnya Jambi TUNTAS,” tutur Fadli Zon.

Fadli Zon menambahkan, memajukan ikatan keluarga etnis di era globalisasi ini, bisa memperkuat persaudaraan, untuk saling mendukung bukan untuk saling menjatuhkan tetapi saling bersinergi,” pungkas Fadli Zon.

Pengukuhan Pengurus Himpunan Masyarakat Minang (HMM) Provinsi Jambi, Periode tahun 2017-2022 yang dikukuhkan itu, Prof.Johni Najwan,SH,MH,Ph.D, yang juga Rektor Universitas Jambi. (infojambi.com)

Laporan : Maria ll Editor : M Asrori

 

 

 

 

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.