Minggu, 20 Agustus 2017 | 00:00

Masyarakat Wonogiri Diminta Tak Terjerat Rentenir

Fahri Hamzah, masyarakat jangan terjerat rentenir ll Bambang Subagio

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, meminta agar Kabupaten Wonogiri terus mempertahankan prestasinya, sebagai daerah peraih Kalpataru. Dia berharap penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Fahri Hamzah, memberikan apresiasi atas prestasi Wonogiri di bidang Kalpataru. Karena daerah yang bertetangga dengan Kota Solo itu, sudah beberapa kali meraih penghargaan Kalpataru dan terakhir diraih oleh Mbah Sadiman tahun 2016 lalu.

“Saya katakan Wonogiri ini, harus bisa jadi contoh daerah lain,” kata Fahri, disela diskusi dalam rangkaian kegiatan Media Gathering Koordinatoriat Wartawan Parlemen tema “Tantangan Masalah dan Solusi di Sektor Pertanian”, di Pendopo Bupati Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (8/4).

Selain itu, Fahri Hamzah juga menyoroti masalah perkembangan sektor pertanian di kota yang terletak 100 KM dari Solo. Menurutnya, Wonogiri harus dapat menjadi daerah yang dapat maju dengan produk pertanian-nya, agar tidak bergantung kepada asing.

“Saya usulkan Wonogiri, karena buah-buahan-nya bagus dapat mengubah diri jadi daerah yang produk manufaktur, barang pertaniannya bisa tampil berdaya saing dengan pasar luar,” tambahnya.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Bupati, Wonogiri Edy Santo dan Mbah Sadiman, peraih Kalpataru bidang lingkungan tahun lalu. Fahri pun meminta, agar Wonogiri harus ada kontak dengan kota besar lainnya supaya hasil pertaniannya dapat dijual ke kota lain lebih tinggi.

Fahri juga tidak lupa menyoroti masalah umum biasa terjadi di daerah, terutama menyangkut masalah fasilitas pembiayaan. Dia berharap praktik rentenir yang biasa menjerat masyarakat pedesaan bisa dihapus dengan cara menggunakan fasilitas pembiayaan modern.

“Fasilitas pembiayaan, biar masyarakat enggak terjebak rentenir, di dapil saya di Nusa Tenggara Barat, masih banyak rentenir, disana bunga pinjaman bisa sampai 100 persen,” katanya. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.