Mayjen TNI Harianto Ajak Warga Sungaiterap Manfaatkan Potensi Wisata Desa

Penulis : Tim TMMD || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Ketua Tim Wasev Mabes TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengajak warga Desa Sungaiterap, Kumpehulu, Muarojambi memanfaatkan potensi desa untuk wisata dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Mayjen Harianto juga mengajak warga Desa Sungaiterap membuka lahan dengan cara tidak dibakar.

Hal itu diungkapkannya saat kunjungan di lokasi TMMD 110 Kodim 0415/Batanghari, Sabtu (27/3/2021).

Pernah menjadi Danrem 042/Gapu pada 2013-2015, Mayjen Harianto tahu kawasan Kumpehulu merupakan kawasan rawan karhutla. Untuk itu dia berpesan jangan biasakan lagi kebiasaan itu.

“Kalau musim kemarau pasti di sini karhutla. Karhutla itu ada orang yang membakarnya, dia tidak terbakar sendiri. Jadi jangan membuka lahan dengan dibakar, budaya seperti itu harus diperbaiki,” tegasnya.

Saat menjabat Danrem 042/Gapu, Mayjen Harianto sering berkunjung ke Candi Muarojambi. Di sana ada area semacam pohon langka. Jadi itu pun bisa menjadi potensi untuk menarik wisatawan, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Saya pun juga tahu di sini banyak warga bekerja sebagai petani. Kebun-kebun milik warga, seperti duku khas Kumpeh pun juga bisa menjadi wisata,” jelasnya.

Diharapkannya sasaran utama TMMD, yakni jalan. Jadi untuk TMMD 110 Kodim 0415/Batanghari membangun jalan yang dulunya tiga jam bisa menjadi waktu 30 menit.

“Itu dapat mengurangi cost atau biaya. Di sinikan mayoritasnya Jambi, masyarakatnya petani kebun, itu perlu akses, maka jalan yang dibuat dapat dijaga dan dipelihara,” pungkasnya. ***

Kategori Muaro Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.