HBA : Kearifan Lokal Sangat Penting di Ekspose Lembaga Penyiaran

INFOJAMBI.COM – Sosialisasi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), yang digelar KPID Provinsi Jambi kali ini terasa lebih spesial. Ini karena acara yang digelar di Golden Harvest, Jumat (24/12) dihadiri Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi Hasan Basri Agus (HBA), yang saat ini juga sebagai anggota DPR RI.

Menurut HBA acara ini sangat penting dilaksanakan bagi lembaga penyiaran terutama untuk mengangkat kearifan lokal sehingga dikenal masyakat luas. “Sangat banyak kearifan lokal dan kebudayaan lokal yang harus dikenalkan kepada masyarakat luas,” ujar Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi Hasan Basri Agus.

Menurut HBA budaya Jambi sangat banyak harus dipertahankan dan dikembangkan. “Saya selaku ketua lembaga adat mempunyai kewajiban untuk itu,” ujarnya.

Begitu banyak kearifan budaya lokal yang dimiliki Jambi. HBA mencontohkan kearifan lokal sepertu lubuk larangan. “Ini semacam kearifan lokal yang harus dikembangkan,” terang mantan Sekda Kota Jambi ini.

Kemudian, kata HBA, contoh lainnya baselang tanam, menuai bersama. Kemudian, dalam hal perkawinan, antar tanda, sampai serah terima, telah dikembangkan lembaga adat Jambi.

“Selaku ketua lembaga adat saya berkewajiban mempertahankan dan mengembangkan,” ujar mantan Bupati Sarolangun tersebut.

Masih kata HBA, banyak sekali kearifan lokal yang bisa di ekspose, diangkat ke masyarakat luas, sehingga tidak diklaim daerah lain. “Ini saya pikir yang perlu lembaga penyiaran perhatikan dengan mengekspose ke lembaga penyiaran masing-masing,” ujar mantan Gubernur Jambi ini.

Komisi I DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai mitra KPID Provinsi Jambi, kata Bang Al -begitu sapaan akrabnya-, akan selalu mendukung kegiatan yang dilakukan KPID. “Kita di komisi akan mendukung dan mensupport ini,” ujar Alfarabi.**adi**

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.