Membangun Desa Labuhan Pering melalui TMMD

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Sebelum kita mengulas Program TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Tahun 2020, ada baiknya kita mengetahui apa itu “TNI Manunggal Membangun Desa” atau yang disingkat TMMD, mungkin pertanyaan ini banyak terlintas di masyarakat.

Untuk diketahui, bahwa TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terintergasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Meski sudah menjadi acara rutin tahunan, program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dari TNI AD tetaplah relevan dengan Program Pemerintah. Bahkan, melalui kegiatan TMMD diharapkan bisa membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Tanjab Timur, khususnya desa pelosok terisolir.

Melalui tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. Sistem perencanaannya Bottom Up Planning, dan ditujukan untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga hasilnya nanti akan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Dikatakan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P, selaku Dansatgas TMMD 108, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu Program Terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang memang bertujuan mempercepat pembangunan. Harapannya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta bertujuan mempererat Kemanunggalan TNI – Rakyat.

“TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab tahun 2020 di Desa Labuhan Pering Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur telah berlangsung sejak tanggal 30 Juni, meski masih dalam suasana keprihatinan akan Pandemi Covid -19”, ucap Erwan.

Lebih lanjut Letkol Inf Erwan menuturkan, dalam TMMD ada sasaran fisik dan non fisik (penyuluhan). Untuk sasaran fisik adalah Pembukaan jalan baru di Desa Labuhan Pring Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur sepanjang 10.695 Meter dengan lebar 5 Meter serta tinggi badan jalan 1 Meter. Sedangkan sasaran tambahan berupa Bedah Rumah sebanyak 4 Unit, pembuatan Sumur Bor sebanyak 1 Unit, Perbaikan Sepakbola 1 Unit serta Rehab Masjid 1 Unit.

“Pembangunan Infrastruktur dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan dengan pembangunan jalan usaha tani. Pembangunan akan melancarkan transportasi pengangkutan hasil pertanian, sebagai sarana pendukung ekonomi, ketahanan pangan, di mana jalan bisa menghubungkan antara Dusun, Desa dan Kecamatan,” katanya.

“Diharapkan dengan semangat kerjasama dan kebersamaan prajurit Kodim 0419/Tanjab dan masyarakat Desa Labuhan Pering, Saya optimis sasaran TMMD akan tercapai” Tegas Dandim.

Saya melihat, masyarakat Desa Labuhan Pering sangat antusias dengan adanya TMMD di Desa mereka, Bahkan mereka rela bergotong royong bersama TNI untuk mensukseskan TMMD.

“Masyarakat Desa Labuhan Pering sangat senang dengan adanya TMMD di desa mereka, segenap masyarakat ikut bergotong royong mensukseskan pembangunan ini,” tutup Letkol Erwan. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.