Menang Adu Penalti, Italia Lolos Ke Final Euro 2020

Editor : Sholimin

Leonardo Bonucci | foto : uefa.com

INFOJAMBI.com – Italia memastikan diri maju ke final Euro 2020 usai mengalahkan Spanyol 4-2 lewat drama adu penalti.

Pada duel yang tersaji di Wembley Stadium Rabu (7/7) dini hari WIB ini terpaksa ditentukan di babak adu penalti setelah skor imbang 1-1 bertahan selama 120 menit.

Di babak pertama, Spanyol tampil mendominasi permainan. Tercatat ada lima peluang yang diciptakan pemain Spanyol. Hanya satu peluang Spanyol yang on-target. Sayang peluang itu tidak membuahkan gol. Sementara Italia hanya mampu membuat satu peluang. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, meski tidak menguasai aliran bola, Italia mampu mencuri gol pada menit ke-60. Sepakan terukur Federico Chiesa memaksa kiper Spanyol Unai Simon memungut bola dari gawangnya.

Usai kebobolan, pelatih Spanyol Luis Enrique memasukkan Alvaro Morata menggantikan Ferran Torres di menit ke-61. Keputusan Luis Enrique itu berbuah hasil. Morata menciptakan gol balasan di menit 80. Kedudukan tidak berubah 1-1 hingga akhir babak kedua.

Pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Italia sempat mencetak gol di paruh kedua babak tambahan waktu melalui Berardi, sayang gol itu dianulir wasit karena ia sudah terperangkap offside.

Duel ini ditentukan lewat adu penalti. Dua penendang pertama dari masing-masing tim gagal mengeksekusi tendangan menjadi gol. Mereka adalah Manuel Locatelli dan Dani Olmo.

Tendangan Morata bisa diblok oleh Gianluigi Donnarumma. Sementara Jorginho selaku penendang terakhir Italia sukses menunaikan tugasnya. Italia menang 4-2 dalam babak adu penelti ini dan sekaligus memastikan diri ke final Euro 2020.

Susunan Pemain:

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson (Toloi 74’); Barella (Locatelli 85′), Jorginho, Verratti (Pessina 74’); Chiesa (Bernardeschi 107′), Immobile (Berardi 62’), Insigne (Belotti 85′).

Spanyol: Simon; Azpilicueta (Llorente 85’), Garcia (Pau Torres 109′), Laporte, Alba; Koke (Rodri 70’), Busquets (Thiago 105′), Pedri; Oyarzabal (Moreno 70’), Olmo, F. Torres (Morata 62’).

Kategori Olahraga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.