Mengabdi di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau Jadi Relawan

Penulis : Rilis || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19, bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Virus corona sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat. Semua kalangan di berbagai sektor merasakan dampaknya, mulai dari sektor ekonomi, pendidikan dan lainnya.

Dampak pendemi ini dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sadar situasi ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau (LPPM UNRI), membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) sebagai relawan.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, tiga mahasiswa Unri asal Kota Jambi melaksanakan Kukerta Relawan Wabah Covid-19 di Dinas Sosial Kota Jambi.

Tiga mahasiswa itu adalah Rystian Noorsega (Fakultas Pertanian), Prayoga Trio Ariandi (Fakultas Pertanian), dan Nurul Fathonah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Salah satu bidang yang menjadi fokus mereka mengabdi adalah bidang pemberdayaan fakir miskin.

Menurut Rystian selaku ketua tim kukerta, bidang ini turut serta berinteraksi dan membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Jambi. Beberapa kegiatan telah dilakukan, seperti melakukan cek ulang data penerima bantuan sosial, pembagian bansos tahap III, penghitungan dan penurunan sembako tahap III, dan pembuatan surat pengantar BPJS bagi masyarakat kurang mampu.

Selain itu mereka juga menjalankan beberapa program kerja, yaitu pemasangan spanduk sosialisasi new normal dan pembagian hand sanitizer gratis.

Prayoga menuturkan, menjalankan kukerta di sini adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat Kota Jambi. Mereka senang melihat warga mendapatkan bantuan, apalagi kondisinya sedang sulit karena wabah corona.

Nurul Fathonah mengatakan, kegiatan sehari-hari mereka sangat sibuk, karena banyak masyarakat berdatangan. Warga masih belum paham prosedur pencairan bantuan dana maupun kriteria masyarakat penerima bantuan sosial.

Selain membagikan sembako, mereka juga membagikan hand sanitizer gratis.Tim Kukerta Relawan Wabah Covid-19 Kota Jambi ini mencoba meningkatkan kesadaran masyarakat selalu menjaga kebersihan tangan.

Tidak lupa pula mereka mengajak masyarakat beraktivitas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak, dan tidak berkerumun, serta memasang spanduk new normal di depan Kantor Dinas Sosial Kota Jambi.
“Hand sanitizer kami kemas dalam botol sprayer, dibagikan ke masyarakat yang datang ke Dinas Sosial. Siapapun yang datang untuk keperluan apapun, misalnya mengambil sembako dan kepengurusan BPJS, kami berikan,” kata Rystian.

Spanduk New Normal juga dipasang di depan kantor, agar dilihat langsung oleh masyarakat yang datang ke kantor Dinas Sosial Kota Jambi. Diharapkan kesadaran masyarakat akan kebersihan tangan meningkat, dengan menggunakan hand sanitizer saat bepergian ke luar rumah, serta mengikuti protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Rystian mengatakan, program kukerta ini merupakan suatu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kondisi pandemi saat ini. Mereka melihat dan merasakan langsung masyarakat yang terdampak pandemi ini.

Masyarakat mendapatkan bantuan sembako dan lainnya, walaupun harus mengantri lama, karena banyaknya masyarakat yang datang mengambil bantuan sembako.

“Mudah-mudahan bantuan tenaga kami ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Jambi. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Jambi yang telah menerima kami menjadi Relawan Wabah Covid-19. Suatu kebanggaan bagi kami menjadi bagian dari penanganan wabah ini,” ungkap Rystian.

Selain menyelesaikan kewajiban kukerta, kegiatan ini juga menjadi ladang amal dalam ikut serta menjadi relawan dan membantu masyarakat dalam penanganan Covid-19 di Kota Jambi.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi melalui Sekretarisnya, Hasya Yanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Riau yang telah mengikut sertakan mahasiswanya dalam penanganan Covid-19 di Kota Jambi. ***

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.