Menikmati Keindahan Danau Sipin di Pulau Kembang

Penulis : Tim Liputan || Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — Satu lagi objek wisata alam dibuka di Kota Jambi. Lokasinya di kawasan Danau Sipin, Kota Jambi. Objek wisata ini mengangkat kearifan lokal, dikelola oleh para pemuda Buluran untuk mengoptimalkan Danau Sipin.

Kawasan Danau Sipin beberapa tahun belakangan mulai digarap menjadi objek wisata. Satu-satunya danau di tengah kota di Indonesia, Danau Sipin menyimpan keindahan tersendiri.

Dulu, di masa pemerintahan Gubernur Jambi, H. Abdurahman Sayoeti, kawasan Danau Sipin sesungguhnya sudah dilirik. Di pinggir danau ini pernah berdiri sebuah restoran untuk meramaikan Danau Sipin.

Restoran itu tidak bertahan lama dan mati. Kawasan ini akhirnya terbengkalai. Peluang ini dilihat oleh para pemuda Buluran Kenali, Telanaipura, Kota Jambi yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menggandeng karang taruna, kawasan pinggiran Danau Sipin dijadikan objek wisata yang sarat dengan kearifan lokal. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau.

Di pinggir Danau Sipin ini terdapat sebuah pulau buatan. Namanya Pulau Kembang. Di pulau ini dibangun objek wisata baru. Salah satu wahana utamanya tempat pemancingan dengan view Danau Sipin.

Menariknya, untuk sampai ke Pulau Kembang, dari pinggir danau disediakan rakit yang ditarik dengan tali. Tidak ada jembatan di sini.

Di Pulau Kembang didirikan beberapa saung. Selain memancing, pengunjung bisa membawa keluarga bersantai di sini, sambil menikmati makanan dengan menu khas Jambi, seperti tempoyak, sambal ikan lambak dan seluang.

Tak hanya itu, objek wisata Pulau Kembang juga cocok dijadikan tempat acara komunitas atau sekedar reunian kecil. Di sini juga disediakan saung dengan ukuran besar.

Saung-saung kecil disediakan untuk warga yang hobi nongkrong sore atau malam hari. Minuman dan makanan ringan yang dijual bisa jadi teman untuk menghabiskan waktu. Juga ada live music-nya.

Selain makan-makan, pengunjung juga bisa membeli ikan segar. Ikan-ikan khas Jambi / seperti seluang dan lambak, ditangkap langsung oleh warga sekitar menggunakan tangkul. Harganya pun murah.

Tangkul, alat penangkap ikan khas Jambi ini sudah tergolong langka dan unik. Banyak generasi sekarang yang tidak tahu dengan alat tangkap ikan jenis ini.

Ketua Karang Taruna Buluran Kenali, Andra Sukma menyebutkan, selain memancing, makan-makan, atau sekedar ngopi, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Danau Sipin menggunakan perahu tempek.

Perahu ukuran besar ini dibuat mirip seperti kapal. Berkeliling dengan kapal mungil ini memberi kesan tersendiri. Ongkosnya juga tidak mahal, hanya 10 ribu rupiah per orang untuk perjalanan sekitar 30 menit.

Objek wisata Pulau Kembang dibangun dan dikelola oleh anak-anak muda kreatif. Meski ini usaha sampingan, tapi mereka merupakan orang-orang profesional di berbagai bidang.

Ada yang berpengalaman mengelola kolam pemancingan. Juga ada yang punya ahli di bidang pariwisata. Bahkan ada chef di hotel berbintang. Pulau Kembang agaknya punya peluang menjadi kembang pariwisata di Kota Jambi. ***

Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.