Sabtu, 21 Juli 2018 | 20:53

Menpan-RB : Maju Tidaknya Negara Ada di Tangan ASN

Laporan Bambang SUbagio

Menpan-RB, Asman Abnur (pakai Batik).

INFOJAMBI.COM – Sebagai bagian dari penyelenggara negara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, menegaskan agar para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mampu membawa negara ke arah lebih baik dan lebih maju.

“Kalian harus membawa negara ini ke arah yang lebih maju lagi dari saat ini. Maju tidaknya negara kita ada di tangan para ASN,” ujar Menpan Asman, saat mengunjungi peserta Latihan Dasar (Latsar) bagi 240 CPNS dari berbagai instansi, di Kampus Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Menurutnya, CPNS merupakan aset negara atau human capital. Rekrutmen pegawai negeri maupun pelatihan dasar merupakan bentuk investasi negara, dengan harapan para CPNS dapat memajukan negara dan bersaing dengan negara lainnya.

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014, tentang ASN mewajibkan setiap ASN harus mengikuti pendidikan dan pelatihan, minimum 20 jam per tahun.

“Hal itu merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mewujudkan human capital, agar bermanfaat bagi negara,“ katanya.

Setiap pribadi ASN, lanjut Asman, dituntut untuk memberikan kontribusi kinerja yang jelas kepada unit kerja dan organisasi secara keseluruhan. Karena itu, pemerintah terus berupaya agar asetnya memiliki kapasitas dan kualitas yang baik dalam menjalankan birokrasi.

Menpan Asman, berpesan agar para 240 CPNS berbagai instansi yang mengikuti Latsar, dapat menjalani pelatihan dengan baik.

Tidak berlebihan, mengingat para CPNS hasil rekrutmen tahun 2017 ini, merupakan SDM yang terpilih melalui proses rekrutmen panjang dan ketat.***

Editor : M Asrori S

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.