Menteri ESDM Resmikan Sumur Bor di Kemingking

Penulis : Muammar
Editor : DoRa

INFOJAMBI.COM — Menteri ESDM, Ignasius Jonan meresmikan sumur bor air tanah, di Desa Kemingking Dalam, Kecamatan Taman Rajo, Muarojambi, Rabu (8/8/2018). Ignasius mendapat penjelasan langsung tentang proyek ini dari Bupati Muarojambi, Masnah Busyroh.

Bupati Masnah menjelaskan, sumur bor di Desa Kemingking mempunyai kapasitas debit air sebesar 2 liter per detik. Sumur bor dibangun dengan dukungan genset 15 KiloWatt dan bak penampung air 5.000 liter. “Jadi tidak ada kesulitan lagi warga disini untuk mendapatkan air bersih,” kata Masnah pada Menteri ESDM.

Selain membantu sumur bor, Menteri Ignasius Jonan juga menyerahkan secara simbolis bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada warga desa setempat.

Ignasius Jonan mengatakan, bantuan sumur bor ini merupakan bentuk dukungan dan realisasi program pemerintah pusat, dalam upaya pemerataan pembangunan infrastruktur. Sumur bor ini kontribusi Kementerian ESDM dalam pembangunan infrastruktur penunjang ketersediaan air yang merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

“Kami banyak membangun sumur bor di daerah di seluruh nusantara yang memang kekurangan air bersih. “Tahun ini Kementerian ESDM akan membangun 550 bantuan sumur bor air bersih di seluruh Indonesia,” katanya.

Khusus Jambi, sambungnya, tahun 2017 Badan Geologi melakukan pemboran sumur bor di wilayah Provinsi Jambi sebanyak 7 titik. Tahun 2018 direncanakan 9 titik lokasi sumur bor di Provinsi Jambi. Saat ini yang telah selesai baru dua titik.

Kepada Plt Gubernur Jambi, Jonan menyarankan jika ada pembangunan di sektornya untuk segera mengusulkan. “Bila ada yang sangat mendesak, Plt bisa kirim surat ke saya. Tahun ini ada alokasi tambahan 50 sumur bor. Kalau perlu tahun ini kami salurkan,” katanya.

Kualitas air dari sumur tradisional yang ada di Kemingking Dalam cukup memprihatinkan. “Kasihan. Air ini lebih penting dari penerangan. Kalau air kurang bagus maka tingkat kesehatan masyarakat juga ikut kurang bagus. Hingga tingkat hidup manusia tidak panjang, kalaupun panjang kurang sehat,” tuturnya.

Jonan juga menganjurkan agar Provinsi Jambi pada tahun yang akan datang bisa lebih banyak lagi mengusulkan pembangunan bantuan sumur bor air bersih ini. “Saya anjurkan Jambi mengusulkan karena tahun depan kita akan bangun bangun 750 unit sumur bor untuk seluruh Indonesia. Jika dikalkulasikan setiap daerah bisa dapat 20-25 unit bantuan sumur bor ini. ***

Kategori Muaro Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.