Menteri Kelautan Ajak Masyarakat Jambi Kembangkan Budidaya Ikan

Penulis : Tim Liputan | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengajak masyarakat Provinsi Jambi mengembangkan potensi budidaya ikan berbasis kearifan lokal .

“Itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Trenggono saat mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam dan meluncurkan Pusat Patin Nasional (Pustina), di Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (23/4/2021).

Menteri Trenggono menyebutkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan tiga prioritas terobosan pada tahun 2021 – 2024.

Pertama, peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari SDA perikanan tangkap, untuk peningkatan kesejahteraan nelayan.

Kedua, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor. Dan ketiga, pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

Pustina memiliki banyak keunggulan, diantaranya ketahanan terhadap lingkungan dan penyakit, juga kelangsungan hidup, pertumbuhan yang lebih cepat, maupun efisiensi terhadap penggunaan pakan.

Pembuktian dilakukan melalui uji multilokasi dan uji tantang dibanding jenis ikan patin lainnya. Uji banding multilokasi di tahap pembesaran juga sudah dilakukan di BPBAT Sungai Gelam, Kawasan Kolam Tadah Hujan Kecamatan Kumpeh, keramba di Sungai Batanghari dan Bogor.

BPBAT Sungai Gelam tahun 2008 ditunjuk sebagai koordinator Pusat Pengembangan Ikan Patin Nasional untuk menghasilkan induk dan benih unggul Ikan Patin Siam yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Sejak tahun 2009, BPBAT Sungai Gelam sudah mengumpulkan benih Patin Siam dari berbagai daerah di Indonesia, lalu Kamboja serta Vietnam. Kegiatan seleksi sejalan dengan produksi mendapatkan induk patin yang lebih unggul. ***

Kategori Provinsi

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.