Menwa adalah Kekuatan Sipil yang Dilatih untuk Mempertahankan NKRI

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Korem 042/Gapu menaruh perhatian terhadap upaya generasi muda dalam pembentukan karakter dan bela negara sehingga turut memberikan kontribusi dalam menumbuh-kembangkan cita-cita perjuangan demi kepentingan bangsa dan negara.

Hal itu di katakan Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Arry Yudistira saat membacakan sambutan Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy ketika membuka Pendidikan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha Angkatan XIII tahun 2019 di Alun-alun Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Senin (4/11/2019).

Lebih lanjut Dandim 0419/Tanjab Letkol Arry Yudistira  mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa disingkat Menwa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan dan kemananan rakyat semesta (Sishankamrata).

Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer   (unsur mahasiswa) yang   bermarkas di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa dan mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut.

Tujuan dilaksanakan diksar Menwa guna untuk meningkatlan mental, fisik, dan disiplin serta untuk membentuk sikap dan kepribadian para peserta sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mahasiswa.

Dengan diksar ini hendaknya memberikan sumbangan yang berarti dalam peningkatan kualitas SDM di lingkungan menwa sehingga lebih termotivasi dan berdisiplin tinggi dalam menghadapi tugas dan tanggungjawabnya” jelas Letkol Arry.

Kegiatan Diksar ini juga sebagai wahana yang sangat baik, guna meningkatkan rasa nasionalisme, sikap hormat menghormati dan terciptanya  generasi muda yang  jujur,  tangguh, mandiri dan pekerja keras sehingga dapat meningkatkan rasa Nasionalisme, bela negara, cinta tanah air serta rasa persatuan dan kesatuan yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, ujar Letkol Arry.

Selama 10 hari peserta diksar akan diarahkan dan dibekali dengan berbagai materi ilmu serta mencakup bidang sikap dan perilaku serta keterampilan dan bidang jasmani.

Danrem berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menambah bekal pengetahuan dan wawasan bagi kehidupan dimasa yang akan datang, sehingga peserta diksar akan menjadi bagian dalam mengawal dan menyelamatkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.

“Ikutilah kegiatan Diksar ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan meresapi nilai-nilai positif pada kegiatan ini, agar kalian mampu menjadi generasi muda yang dapat diharapkan dan dibanggakan oleh negara dan bangsa,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Menwa Sultan Thaha Jambi Hidayat, SH. MH mengatakan Menwa didorong sebagai penggerak disiplin di kampus – kampus.

Menwa merupakan bekal dini Bela Negara, mereka generasi penerus yang menggantikan generasi hari ini untuk menjadi calon Pemimpin masa depan yang mempunyai Jiwa Nasionalisme yang tinggi dan Rasa Bela Negara.

“Kami ingin jadikan Menwa ini betul – betul bermanfaat yang perlu disosialisasikan pada siapapun,” tutupnya.

Turut hadir Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib. MM, Komandan Komando Nasional  Resimen Mahasiswa Indonesia yang di Wakili Kepala Staf Komando Resimen Mahasiswa Indonesia Sdr.Deni, Kasdim 0419/Tanjab Mayor Chb.Indra Wijaya, Waka Polres Tanjab Barat, Kompol Wirmanto Dinata, S.Ag., MM, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal Zakaria Anshori SH, I, Wakil Ketua III Bidang kemahasiwaan STAI An-Nadwah Drs.M.Ariful Umar, Kedua DPK IARMI Tanjab Barat Darmawan, SH, Komandan Menwa Sultan Thaha Jambi Hidayat, Para Staf Ahli, Asisten Bupati Tanjab Barat, Para  Kepala OPD Pemda Tanjab Barat dan Para Kabag dilingkungan Setda Tanjab Barat. (penremgapu)

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.