Merangin Berpeluang Raih Prediket WTP

Bupati Merangin, H Al Haris

BANGKO – Pemkab Merangin tahun ini berpeluang besar, meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam keberhasilan pengelolaan Akuntansi Keuangan, kata Bupati Merangin, H Al Haris, usai menutup acara Jambore TP PKK Merangin 2017 di pelataran kantor BPMPD Merangin, Jumat, (31/3) malam.

Dari hasil koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jakarta, Sebut Al Haris, Pemkab Merangin dianggap mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good corporate governance) dengan melakukan reformasi di bidang pengelolaan keuangan negara.

Salah satu tolak ukur bisa diraihnya penghargaan WTP itu tegas Bupati, yakni keberhasilan mengimplementasikan akuntasi Pemerintah berbasis akrual tahun 2016, sesuai amanat UU No 17 Tahun 2013, tentang Keuangan Negara dan PP Nomor  71 Tahun 2010, tentang standar akuntasi Pemerintah.

Penerapan berbasis akrual itu katanya, akan menyediakan informasi keuangan yang lebih komprehensif, dari laporan sebelumnya yang hanya sekedar berbasis kas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan Pemerintah dalam pengelolaan sumber daya ekonomi, untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Seluruh aparat dijajaran Pemkab Merangin, kedepan akan terus melakukan pembenahan, terutama dalam model input dan impact keuangan, sehingga laporan keuangan akan lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Diakui Bupati Al Haris, selama ini tertundanya diraih WTP, terganjal masalah asset di sejumlah Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Namun, persoalan asset di OPD itu, secara bertahap segera rampung menanganannya.

“Untuk kedepannya, terutama SDM dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset, akan kami siapkan dalam berbagai pendidikan, terutama dari pembelajaran akrual, selain itu kami juga akan melibatkan bendahara dan pengurus aset di setiap SKPD agar pengetahuan dan pemahaman mereka semakin bertambah,” tegas Bupati. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.