Jumat, 21 Juli 2017 | 05:32

Merangin Raih Manggala Karya Kencana

Hj. Hesti Haris (kiri)

BANGKO — Kabupaten Merangin kembali meraih prestasi nasional. Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) diberikan oleh Kepala BKKBN Pusat, Jum’at (14/7) lalu.

Penghargaan diterima oleh Ketua TP PKK Merangin, Hj Hesti Haris, dari Ketua Umum PKK Pusat, Erni Gundarti Tjahjo Kumolo, pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV, di Lampung.

Penghargaan bergengsi itu diberikan karena Kabupaten Merangin dinilai berhasil menurunkan angka kelahiran. Jumlah penduduk bisa dikendalikan.

“Keberhasilan ini didukung petugas-petugas lapangan, koordinator, PLKB, PPKBD, subpos KB dan kader PKK. Juga didukung Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Merangin,” ujar Hesti.

Pemkab Merangin juga telah mencanangkan Kampung KB, di Dusun Baru, Desa Airbatu, Renah Pembarap. Kampung KB terus diperbanyak di setiap kecamatan.

Berhasilnya Kabupaten Merangin meraih penghargaan Manggala Karya Kencana tidaklah berlebihan. Hampir di seluruh desa, program KB dan posyandu terus berjalan dan aktif melakukan kegiatan setiap minggu.

Menurut Bupati Merangin, H Al Haris, di Desa Beringinsanggul, Muara Siau, angka kelahiran justeru lebih kecil dari angka kematian. Pemerintah malah cemas, penduduk desa tersebut akan habis.

“Saya kaget saat melakukan program perjalanan pejabat tidur di dusun (pertisun) ke Desa Beringinsanggul. Di sana jarang sekali ada bayi lahir. Malah seorang nenek berusia 120 tahun masih segar bugas,” kata Bupati.

Bupati Merangin mengajak seluruh masyarakatnya terus ber-KB. Untuk ber-KB, di Merangin tidak hanya dilakukan para isteri, tapi juga dilakukan para suami.

Pada acara puncak peringatan Harganas XXIV, Merangin juga meraih juara II Lomba Dokter Klinik KB Perusahaan, diraih oleh dr Ricky dari Klinik KB PT SAL, Merangin. (infojambi.com/***)

Laporan : Teguh

 

Kategori Keluarga

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.