Meriahkan HUT Batanghari, Warga Bekarang Besamo

Penulis : Raden Soehoer
Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Tradisi bekarang besamo merupakan salah satu bagian dari rangkaian HUT Batanghari. Lomba “Bekarang Besamo” dan mancing tradisi,  meriahkan hari jadi Kabupaten Batanghari yang ke-70 tahun 2018.

“Lomba ini mengangkat tradisi lama Batanghari yang sudah jarang dilakukan,” kata Ketua Pelaksana Lomba Adi, Minggu (2/12/2018).


Lomba bekarang besamo tersebut dilaksanakan di Pematang Umo Tinggal yang berlokasi di depan rumah dinas Bupati.

Dalam pelaksanaannya peserta wajib menggunakan alat penangkap ikan tradisional yang berbahan dasar dari bambu dan rotan yang dianyam. Biasa disebut oleh orang didaerah itu sebagai serkam dan ambung.

Peserta yang ikut serta dalam lomba tersebut harus lah berpasangan. Peserta lelaki bertindak dalam menangkap ikan menggunakan serkam dan peserta wanita menunggu hasil tangkapan ikan di pinggir kolam menggunakan ambung.

Pada lomba bekarang di ikuti 100 pasangan dari masyarakat yang datang dari desa dan kelurahan yang berada di delapan kecamatan.

Begitu juga dengan lomba mancing tradisi. Peserta wajib menggunakan pancing tradisional, yang mana joran pancing tersebut haruslah terbuat dari bambu. Pada lomba mancing tradisi peserta yang ikut berjumlah seratus orang. Bagi peserta yang mendapatkan ikan paling berat, merekalah pemenangnya.***

Kategori Batanghari

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.