Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:32

Meriahkan HUT Kabupaten Tebo, Asian Agri Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Penulis : Tim Liputan
Editor : DoRa

Datuk Zaenal Abidin ketika diperiksa perawat (foto : ist)

INFOJAMBI.COM – Warga Desa Teriti dan Tuo Sumay dapat sentuhan pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka HUT Kab Tebo yang ke 19.

Gelaran pengobatan gratis itu difasilitasi PT Rigunas Agri Utama (RAU) sebagai unit bisnis Asian Agri, berkerjasama dengan Puskesmas Sumay, 16 November 2018, di Balai Desa Teriti, yang melayani 284 orang warga.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap warga sekitar, dan ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahun khususnya dalam menyemarakan HUT Pemkab Tebo, Jambi.

Turut hadir Senior Manager PT RAU Bibit Sembiring, Ahmad Bastari (Humas PT RAU), Raden Sopli (Kades Teriti), Isdon Sadli SKM (Kepala Puskesmas Sumay), dr Yudi Chandra (dokter perusahaan), dr Sarwedi (dokter Puskesmas Sumay) dan tokoh masyarakat Desa Teriti.

Menurut Senior Manager PT RAU, Bibit Sembiring, aksi sosial ke masyarakat ini merupakan bagian dari program CSR Asian Agri, dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kerjasama antara pihak perusahaan dengan pemerintahan setempat dan warga masyarakat.

“PT Rigunas sangat peduli dengan masalah kesehatan di masyarakat seputar perusahaan. Untuk itu, kami perusahaan dengan ikhlas ingin melihat bahwa warga masyarakat ini sehat sehat semua sehingga dapat bekerja dengan nyaman dan selalu berpenghasilan setiap hari, sebab kami percaya bahwa kalau warga desa sehat, maka desa bisa sejahtera,” kata Sembiring.

Ia menyebutkan, pemeriksaan kesehatan secara gratis kali ini melibatkan Puskesmas Kecamatan Sumay, karena setiap program CSR dari perusahaan pasti bersinergi dan mendukung program pemerintah.

Sembiring berpesan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan. “Sehat itu mahal harganya, karena akibat dari kesehatan akan berpengaruh terhadap perekonomian, sosial dan lain lain,” ujarnya.

Nyai H Khalijah saat diperiksa oleh perawat dan dokter di rumahnya (foto : ist)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sumay, Isdon Sadli menambahkan, pihak pemerintahan khususnya Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi program CSR dari PT Rigunas ini, karena selama ini baru Asian Agri saja yang sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Kegiatan sosial ini sudah diberikan 4 tahun berturut-turut mulai tahun 2015. Kami juga sangat berterimakasih dengan pihak perusahaan, yang sangat mendukung program pemerintah. Kami berharap kegiatan ini rutin dilakukan dan semoga kedepan ada juga kegiatan-kegiatan lain yang mendukung kesehatan masyarakat Sumay. Kami dari dinas pun siap mendukung program-program yang dicanangkan oleh pihak perusahaan,” ucapnya.

Raden Sopli selaku Kades Teriti menyampaikan, kegiatan pengobatan gratis ini adalah bentuk kepedulian PT Rigunas terhadap warga. “Mulai dari program pendidikan, sosial, ekonomi, infrastruktur, lingkungan dan program kesehatan. Mewakili masyarakat kami ucapkan terimakasih pada PT Rigunas, semoga ke depan perusahaan semakin maju, berkembang dan makin sukses. Perusahaan maju, maka kami yakin warga sekitar pasti mendapat dampak positif dari kemajuan tersebut,” cetusnya.

Salah seorang pasien yang mendapakan pengobatan gratis, Nenek Umi Kalsum (84) sangat berterimakasih dengan perusahaan. “Kami hari iko dapat berobat gratis. Tolong pak dokter, obati dan layani kami, supayo kami ko sehat sehat. Kalo sayo sehat, pasti biso bantu bantu anak dan cucu begawe,” ujarnya dalam bahasa Melayu Jambi.

Sama hal komentar dari kakek Zaenal Abidin (74) bersyukur mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. “Syukurlah, hari iko ado dokter datang dibawa PT. Rupanyo tensinyo tinggi, sampe 170, baru tahu sayo, ruponyo tu penyebabnyo, sudah diperikso, dikasih obat terus diberi tahu keterangannyo supayo badan ko sehat sehat. Trimo kasi pak dokter, terimo kasi pak PT, semoga semua mendapat berkah dan pt ko semakin maju, supayo awak dapat berobat gratis lagi,” cakapnya.

Nyai H Khalijah (90) yang tidak sanggup lagi berjalanpun tidak ketinggalan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, karena secara khusus Tim Medis mendatangi rumah Ibu H. Khadijah untuk memeriksa kesehatan beliau. Zuhdi (55), anak dari Khalijah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. “Syukur alhamdulillah, hari ini ada pengobatan gratis, terimo kasih cung semoga Tuhan membalas kebaikan kalian semua,” ungkapnya. ***


Kategori Kesehatan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.