Rabu, 28 Juni 2017 | 14:03

Merlung Banjir, Ratusan Rumah Terendam

Anak-anak memanfaatkan banjir untuk bermain || raini
Anak-anak memanfaatkan banjir untuk bermain || raini

KUALATUNGKAL — Kecamatan Tungkalulu, Tanjabbar, Jambi kembali diterjang banjir. Kali ini tiga desa terendam, dengan ketinggian air hampir 1,5 meter.‎ Sebelumnya wilayah Batangasam yang digenangi banjir.

Menurut Kasdim 0419/Tanjab, Mayor Inf Firdaus, dari laporan yang masuk ada tiga desa yang terendam, yaitu di Desa Lubukterap, Merlung dan Tanjungpaku‎.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Merlung, Almardi. “Ya, kemarin malam saya pantau di Desa Lubukterap, Merlung dan Tanjungpaku terendam banjir,” katanya.

Untuk informasi sementara, data korban yang terkena banjir, di Desa Lubukterap 11 rumah, Desa Merlung 60 rumah karena banyak rumah berada di tepi sungai) dan Desa Tanjungpaku 65 rumah.

Banjir disebabkan hujan lebat yang mengguyur tiga desa itu beberapa hari belakangan. Sungai di sekitarnya tidak kuat menampung air, sehingga mengakibatkan banjir.

Saat ini belum dilaporkan ada korban. Namun pihak kecamatan mendata, bersiap-siap mengungsikan penghuni ratusan rumah yang terendam banjir jika tidak dimungkinkan bertahan.

Almardi mengaku tahun ini curah hujan cukup tinggi. Biasanya tidak pernah air sampai menggenangi halaman kantor Polsek Merlung dan beberapa ruas jalan lintas timur sepanjang puluhan meter. Ketinggian air mencapai pundak orang dewasa.

Banjir ini mengganggu aktivitas warga, bahkan perekonomian masyarakat sekitar. Tidak sedikit ternak dan tanaman warga yang mati. Jalan Lintas Lubukterap menuju Lubukkambing tergenang, hanya bisa dilalui mobil-mobil tinggi.

“Awalnya air hanya sebatas lutut. Beranjak malam naik hingga sepanggul, tapi saat ini air sudah bertahan. Mudah-mudahan tidak meningkat lagi dan segera berangsur surut,” jelas Almardi.

Sebelumnya, Rabu (9/11), banjir akibat hujan sempat dua hari merendam ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Batangasam. Diantaranya Desa Tanjungbojo 17 rumah, Suban 3 rumah dan terbanyak di Dusun Kebun 112 rumah. Ketinggian air mencapai 80 cm dari permukaan tanah dan 30 cm dari lantai rumah penduduk. Saat ini belum ada bantuan untuk para korban. (infojambi.com/D)

Laporan : Raini

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.