Minat Masyarakat Jambi Konsumsi Ikan Masih Rendah

Gubernur Jambi H Zumi Zola, saat melantik Pengurus Forikan.

INFOJAMBI.COM – Minat masyarakat Jambi untuk mengkonsumsi ikan, ternyata masih rendah. Masalah ini jadi perhatian khusus Gubernur Jambi, H Zumi Zola.

Melalui dinas terkait serta Forikan, Zumi Zola, menginstruksikan agar melakukan sosialisasi makan ikan sehat, karena sangat bermanfaat bagi perkembangan anak serta pemenuhan gizi bagi masyarakat.

“Meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dan membudayakan makan ikan. Terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) diharapkan tumbuh,”ujar Zumi Zola, usai pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jambi dan Forikan 2017, di rumah dinas Gubernur, Jum’at (29/12).

Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola.

Zumi Zola menegaskan, Gemarikan harus menjadi program utama Dinas Kelautan dan Perikanan, untuk melakukan kegiatan peningkatan makan ikan serta terobosan, terkait olahan ikan menjadi penganan.

“Upaya sudah kita lakukan membuat produk dari ikan seperti nugget, bakso, abon patin dan sekarang ada Pilot Project (percontohan) SD di Muaro Jambi untuk makan ikan, jika sukses kita lanjutkan ke Kabupaten lain, kalau tidak akan dilakukan evaluasi,” kata Zumi Zola.

Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi, Hj. Sherrin Tharia Zola, mengajak seluruh pengurus Forikan untuk bersama-sama berperan aktif dalam mensosialisasikan Gemarikan, agar target konsumsi ikan masyarakat di Jambi, sebesar 41,54 kilogram perkapita pertahun dapat tercapai. Sebab, tahun 2017 baru mencapai 35,4 kg perkapita pertahun.

“Ikan merupakan salah satu produk pangan sumber protein tinggi, mudah dicerna dan mengandung asam lemak tak jenuh omega-3, dapat meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat dan kuat,”kata Hj. Sherrin Tharia.

Pengurus Forikan Provinsi jambi.

Forikan merupakan wadah bertujuan untuk menyatupadukan langkah semua unsur, terkait meningkatkan konsumsi ikan sehat dimana target Nasional 47,12 kg perkapita pertahun.

Capaian angka konsumsi ikan Provinsi Jambi tahun 2017 masih rendah, dibandingkan target konsumsi ikan tingkat Nasional dan masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Jepang dan Amerika, tingkat konsumsi ikan di atas 100 kg perkapita pertahun.

Target tahun 2018, untuk Jambi 40,31 kg perkapita pertahun, sedangkan target angka konsumsi ikan Nasional 50,65 kg perkapita pertahun. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.