Motor Lepang Dukung Mobilisasi Satgas TMMD di Desa Labuhan Pering

Penulis : Tim TMMD || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108 Wilayah Kodim 0419/Tanjab telah berlangsung 15 hari sejak dibuka tanggal 30 Juni yang lalu, di Desa Labuhan Pering Kecamatan Sadu, Kab.Tanjab Timur, Provinsi Jambi.

Untuk diketahui, bahwa TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terintergasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Meski sudah menjadi acara rutin tahunan, program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dari TNI AD tetaplah relevan dengan Program Pemerintah. Bahkan, melalui kegiatan TMMD diharapkan bisa membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Tanjab Timur, khususnya desa pelosok terisolir.

Lokasi TMMD di Desa Labuhan Pering, selain jauh dari kota juga medannya cukup sulit, boleh dikatakan desa pelosok terisolir. Kalau kita mau kelokasi, satu-satunya alat transportasi kesana tentunya kita harus gunakan jalur Sungai, karena kalau lewat jalur darat jika cuaca hujan akan sangat sulit di lalui oleh kendaraan roda dua.

Sehingga kita kalau mau ke lokasi TMMD ke Desa Labuhan Pering terpaksa gunakan kapal motor yang di kenal dengan Motor Lepang sesuai dengan nama pemiliknya yakni Pak Lepang, kapal motor tersebut diawaki 7 orang. Ditengah masyarakat Labuhan Pering, kapal motor tersebut memang terkenal berani menembus ombak, ombak sebesar apapun di laluinya tanpa takut dan putar balik.

Motor Lepang Sering keluar masuk dari Desa Labuhan Pering menuju Nipah Panjang bahkan Berangkat Ke Nipah Panjang pada Pagi hari dan pulangnya Malam dengan waktu yang di tempuh 5 sampai dengan 6 jam dan sering menerima titipan barang dengan ongkos tertentu dari Masyarakat Desa Labuhan Pering yang berbelanja di Nipah Panjang.

Dalam kegiatan TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab ini, motor lepang sangat antusias dan satu – satunya alat transportasi Sungai sebagai mobilisasi Satgas dari Kecamatan Nipah Panjang menuju Desa Labuhan Pering berupa barang, bahan material, personel dan lain-lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan TMMD ini.

“Saya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan TMMD ke-108 TA. 2020 Kodim 0419/Tanjab ini yang dapat membangun Desa kami, membangun fasilitas umum, dan memberikan yang terbaik untuk Masyarakat dan Desa kami ini.” imbuh Pak Lepang saat dikonfimasi awak media, Selasa (14/7/2020).

Tak kalah penting, motor lepang ini juga mengantar Komandan Satgas TMMD ke-108 Kodim 0419/Tanjab bersama personel lainnya dari Nipah Panjang menuju Lokasi TMMD ke-108 TA. 2020 kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering.

“Tentunya meskipun dalam kapal motor kita harus tetap himbauan pemerintah akan Protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya virus corona”, ujar pak Lepang. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.