Senin, 24 September 2018 | 15:10

MPR Himbau Masyarakat Tak Pesimistis Gunakan Hak Politiknya

Laporan Bambang Subagio

Zulkifli Hasan (foto Bambang Subagio)

INFOJAMBI.COM – Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta masyarakat tidak pesimistis dan masa bodoh dalam menggunakan hak politiknya di tahun politik. Masyarakat harus memilih pemimpin yang benar-benar mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

“Tidak bertanggungjawab kalau kita tidak mau tahu urusan politik. Jangan masa bodoh menggunakan hak politik, ” ujar Ketua MPR Zulkifli Hasan saat memberi sambutan dalam acara Kongres I Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (PAKIN), di Hotel Balairung, Jakarta, (11/9/2018).

Menurut Zulkifli Hasan, negara ini lahir berdasarkan kesepakatan. Pancasila dan UUD harus jadi pegangan. “Pancasila harus menjadi perilaku yang sesuai Pancasila yaitu perilaku yang disinari cahaya illahi. “Bukan5 perilaku yang menghujat, ” katanya.

Dikatakan oleh Zulkifli Hasan, bangsa ini didirikan oleh kaum muda terdidik. Disebut kaum muda terdidik itu mulai bergerak dari tahun 1908, 1928, dan 1945. Dipaparkan tahun 1945 pendiri bangsa sudah membicangkan dasar-dasar negara. “Mereka berasal dari berbagai golongan dan asal-usul”, ujarnya.

Pada masa itu kata Zulkifli Hasan para pendiri bangsa sudah berbicara demokrasi, kesetaraan, dan keadilan. Apa yang dipikirkan itu tercermin dalam nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Jadi kalau kita mempermasalahkan perbedaan dan asal-usul berarti kita kembali ke masa lalu, ” ujarnya.***

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Politik

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.