MPR-PWI Jaya Gelar UKW Angkatan 51

LAPORAN : BS || PUBLISHER : PM
INFOJAMBI.COM – Upaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas, MPR RI bersama PWI Jaya kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Ruang GBHN Gedung Nusantara V Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/2/2021). UKW Angkatan ke-51 diikuti oleh 28 peserta yang mayoritas wartawan di lingkungan parlemen Senayan. Jakarta.

“Dengan mengucapkan Bismallah, UKW Angkatan ke-51 PWI Jaya kerja sama MPR RI dengan PWI ini saya buka. Semoga semuanya lulus dan menjadi wartawan profesional,” kata Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani.

Dalam sambutannya, Arsul Sani mengatakan diperlukan update atau pembaruan kemampuan profesional dalam setiap profesi, termasuk profesi wartawan. Karenanya, Arsul meminta agar seluruh peserta UKW mengikuti secara serius, bukan sekedar target memiliki sertifikat kompetensi.

“Profesi apapun harus update kemampuan secara berkala. Saya harap peserta memanfaatkan UKW ini untuk meningkatkan dan membuktikan kemampuan jurnalistik, ” lanjut Arsul.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Meliala menambahkan pentingnya UKW untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. UKW ini merupakan program kelanjutan Dewan Pers untuk menciptakan wartawan profesional dan kompeten.

“Semua bidang ada kompetensinya, apalagi wartawan sebagai profesi yang harus punya sertifikasi,” kata Atal S. Depari.

Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandar memberikan apresiasi atas dukungan MPR dalam UKW Angkatan ke 51 ini. Dukungan ini membuktikan MPR RI telah memperhatikan harkat dan para jurnalis

“Ada sekitar 145 wartawan di lingkungan MPR. Jadi alangkah baiknya jika semua wartawan tersertifikat sehingga output dalam pemberitaan tentang tugas-tugas MPR bisa terlaksana, ” katanya.

Sementara Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI, Siti Fauziah berharap melalui UKW ini wartawan di lingkungan parlemen sudah teruji, dengan legalitas berupa sertifikasi dari PWI.

“Bukan lagi sekedar wartawan tapi juga sebagai jendela untuk masyarakat dalam memahami tugas-tugas MPR sehingga tugas MPR bisa dipublikasikan dengan baik. Saya harap peserta UKW Angkatan 51 lulus semua, ” kata Siti Fauziyah.

Kerja sama MPR RI-PWI Jaya pada 23 Februari lalu juga telah menggelar UKW Angkatan ke-50 yang diikuti 30 peserta, terdiri dari 28 peserta kategori muda dan dua kategori utama. |||

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.