MTQ : Tuan Rumah Tak Harus Juara Umum

H Al Haris menyerahkan Piala untuk pemenag golongan cacat netra ll foto : Teguh

BANGKO – Bupati Merangin, H Al Haris, mengatakan, sebagai tuan rumah  pelaksanaan MTQ, kafilahnya tak harus dipaksakan menjadi juara umum. Bahkan, tujuan utama untuk mencari dan menjaring qori dan qoriah terbaik, bisa jadi tidak akan terwujud.

Pernyataa itu disampaikan Al Haris, saat menutup MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Merangin, dilapangan Desa Titian Teras Kecamatan Batang Masumai, Jumat malam (21/4).

“Kita coba lakukan perbaikan kualitas dari pelaksanaan MTQ ini,” ujar Bupati.

MTQ ke-46 tingkat Kabupaten Merangin tahun ini, juara umum tuan rumah Kecamatan Batang Masumai nilai 72, diposisi kedua Kecamatan Renah Pembarap nilai 44, juara tiga Kecamatan Lembah Masurai nilai 32.

Untuk Qoriah cabang Tilawatil Quran golongan dewasa putri terbaik satu, diraih Homdaini nilai 95 dari Kecamatan Batang Masumai, diposisi kedua Nurhidayah nilai 94 dari Kecamatan Lembah Masurai dan urutan ketiga Mimi Efyanti nilai 92 dari Tabir Ilir.

Cabang Tilawatil Quran golongan dewasa putra diraih, Akmal nilai 99 dari Kecamatan Renah Pembarap, diposisi kedua Almudin nilai 97 dari Tabir Ilir dan ketiga Alfarizi nilai 84 dari Kecamatan Jangkat Timur.

Meski yang menjadi juara umum Kecamatan Batang Masumai, tidak mutlak akan mewakili Kabupaten Merangin pada MTQ tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur 2017 mendatang, pemenang akan diseleksi ulang.

“Nanti, Qori dan Qoriah terbaik satu dan dua, akan kita seleksi ulang, untuk mewakili Merangin  di tingkat Provinsi Jambi,” jelas Bupati.

Qori dan Qoriah terbaik, selain mendapat piala, Pemkab Merangin juga memberikan uang pembinaan. Sedangkan untuk putra-putri Merangin yang berhasil menjadi juara MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-46 tahun 2016 lalu di Kabupaten Merangin, Bupati memberikan bonus.

Mereka yang mendapatkan bonus itu, Marwiyah Rp 28 juta juara terbaik satu cabang Kaligrafi Hiasan golongan putri, M Fadhli Rp 20 juta juara terbaik dua cabang Tartil Putra, M Said terbaik tiga cabang cerdas cemat putra dan Aini terbaik empat cabang Tahfiz golongan 10 jus putri.

Penutupan MTQ ke-46 ditandai dengan lantunan Ayat Suci Al Quran oleh Qoriah terbaik cabang Tilawatil Quran golongan Dewasa Putri, atas nama Homdaini dari Kecamatan Batang Masumai, dan penurunan bendera MTQ oleh tim Paskibraka, diiringi lagu Paduan Suara Pelajar Batang Masumai.

Tak ketinggalan di acara tersebut juga ditampilkan grup qasidah rebana terbaik dari Kacamatan batang Masumai, disaksikan Ketua TP PKK Merangin, Hj Hesti Haris dan pejabat Forkopimda Merangin. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Agama

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.