Mulai Terjawab! Jokowi Beri Kode Kuat, Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Editor: Rahmad

Jenderal TNI Andika Perkasa melepas Presiden Jokowi kunker. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Momen Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melepas Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Eropa menjadi perhatian.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menafsirkan momen itu sebagai bentuk kode bahwa calon Panglima TNI yang akan dimintakan persetujuan DPR adalah Andika Perkasa

“Kepemimpinan Presiden Jokowi, yang berasal dari Solo dengan gaya Solo, bisa saja kita menafsirkan bahwa calon Panglima TNI yang akan dimintakan persetujuan DPR adalah Andika Perkasa,” kata anggota Komisi I Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha, Sabtu (30/12/2021).

Dia menilai pelepasan kunker Jokowi tidak lazim dilakukan oleh kepala staf. Untuk itulah dia menafsirkan momen itu merupakan kode kuat Jokowi.

“Tampaknya Jenderal TNI Andika Perkasa akan berkarier di TNI sampai pensiun. Pelepasan kepergian Presiden sebagai Panglima Tertinggi memang tidak lazim dilakukan kepala staf. Biasanya langsung oleh Panglima TNI,” ujar Tamliha.

Namun Tamliha tetap menunggu surat presiden yang akan dikirimkan. Surat itu rencananya dikirim pada 1 November 2021.

“Nama pastinya calon Panglima TNI saya perkirakan pada hari Senin pekan depan. Penyerahan Surpres tidak mesti pada saat Presiden berada di dalam negeri, saya yakin surpres tersebut sudah ditandatangani sebelum Pak Jokowi bertolak ke luar negeri,” ujarnya.

Jokowi resmi berangkat ke tiga negara, yakni Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab, Jumat (29/10/2021).

Agenda Jokowi adalah menghadiri KTT G20 di Roma dan COP26 di Glasgow. Setelah itu, Jokowi akan melanjutkan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab (UEA).

Hadir melepas kunjungan kerja Jokowi yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pranowo hingga Mensesneg Pratikno. Jenderal TNI Andika Perkasa tampak dalam rombongan tersebut.

Biasanya, dalam kesempatan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ikut melepas Jokowi jika di sana hadir Kapolri Jenderal Sigit.

Kategori Nasional

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.