Musim Kemarau Landa Dua Kabupaten, Kodim 0420 Sarko Tingkatkan Status Siaga Karhutla

PENULIS : JEFRIZAL
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0420 Sarko, pihak Kodim 0420 Sarko mengirimkan surat pemberitahuan kepada dua kepala daerah Merangin dan Kabupaten Sarolangun.

Isi surat tersebut meminta agar kepala daerah meningkatkan status siaga karhutla, di masing-masing wilayah. Hal ini di dasari dari perkiraan BMKG yang memperkirakan musim kemarau akan panjang.

“Kita sudah kirimkan surat kepada kepala daerah,Untuk meningkatkan status siaga karhutla, Ini upaya pencegahan secara dini,” ungkap Dandim 0420 Sarko Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto Minggu (28/7/2019).

Selain itu Dandim Sarko menghimbau agar semua perusahaan, yang berada di wilayah Kodim Sarko untuk mempersiapkan prosedur pemadam kebakaran.

“Setiap perusahaan juga wajib memiliki SOP ,untuk memadamkan api,seperti memiliki embung,Dan petugas pemadam kebakaran, jika tidak kita akan laporkan ke satuan atas,” ujarnya lagi.

Peran serta masyarakat dan pemerintah desa, sangat di butuhkan sehingga masyarakat tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan.

“Peran serta semua pihak, harus ikut bertangung jawab, sehingga tidak ada lagi kebakaran hutan di wilayah kodim 0420 Sarko,” ucapnya menambahkan.

Upaya untuk memberi kemudahan akses jika terjadi kebakaran hutan dan lahan, Kodim sarko juga menyiapkan posko karhula di makodik sarko, sehingga masyarakat bisa langsung lapor ke posko.

“Masyarakat bisa langsung lapor ke posko karhutla, namun selama ini beberapa hot spot yang di temukan di wilayah Kodim Sarko merupakan lahan milik warga dan bukan perusahaan, ini harus tidak boleh terjadi lagi,” ungkapnya.***

Kategori Hukrim

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.