OJK Bersama Pemerintah Perkuat Akses Jasa Keuangan Bagi Petani

Gubernur Jambi, H Zumi Zola, saat menghadiri pertemuan OJk di Jakarta.

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, mengatakan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama Pemprov Jambi berupaya untuk memperkuat akses jasa keuangan bagi petani, nelayan, dan peternak.

Kerjasama ini tujuan akhirnya guna meningkatkan kesejahteraan para petani, nelayan, dan peternak, kata Zumi Zola, usai mengikuti pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan di Pacific Place Ballroom II The Ritz Carlton Jakarta, Kamis (18/1).

“Sejauh ini, saya melihat program-program dari OJK sangat positif di masyarakat. Saya juga turun untuk mensosialisasikan misalnya asuransi pada petani, nelayan dan peternak,” ungkap Zumi Zola.

Kita mendukung dan menginstruksikan Bupati/Walikota yang bisa menggunakan program ini (jasa keuangan) coba didorong, mungkin masyarakat banyak yang belum tahu manfaat-manfaatnya, ujar Zumi Zola.

Terkait jasa keuangan perbankan dalam memberdayakan masyarakat, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi, Zumi Zola siap melakukan langkah yang dapat memperkuat perbankan di daerah.

Presiden Jokowi mendorong adanya obligasi, kemarin sudah kita bicarakan dengan Bank Jambi, kita ingin memperkuat Bank Pembangunan Daerah, pada dasarnya para pemegang saham termasuk saya, akan memberi dukungan bahkan dalam waktu dekat ini akan dibicarakan,” kata Zumi Zola.

Ditegaskan Presiden Jokowi, industri jasa keuangan harus mampu berkontribusi terhadap produk domestik bruto dan meminta industri jasa keuangan, dapat mengoptimalkan perkreditan dengan UMKM.

“Perlu tenaga untuk mengoptimalkan pembiayaan UMKM, mengatasi ketimpangan yang ada sehingga seperti orang sehat yang bisa berlari kencang,” kata Presiden Jokowi.

Pertemuan yang melibatkan pelaku industri perbankan pelat merah, perbankan syariah, asuransi, pasar modal memiliki komitmen untuk meningkatkan peran sektor jasa keuangan, dalam memacu pertumbuhan serta menjaga kesinambungan dalam stabilitas sistem keuangan.

Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, menegaskan, langkah-langkah yang diperlukan,agar dapat lebih efektif dalam menjawab dinamika dan tantangan pembangunan ekonomi nasional, sekaligus dapat memenuhi ekspektasi masyarakat atas keberadaan OJK.

“Momentum yang tepat untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, ditengah kondisi makro ekonomi dan sektor jasa keuangan yang kondusif,” ujar Wimboh Santoso. ( Raihan – Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.