Selasa, 23 Mei 2017 | 06:16

OJK Siapkan Aturan Khusus Tentang Fintech

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA – Anggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S Soetiono, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan peraturan khusus, terkait dengan aturan Fintech yang bisa lintas departemen atau lembaga terkait dengan terus menyesuaikan dan memperhatikan aspek-aspek perlindungan konsumen.

“Hal ini digunakan untuk menjaga antusiasme, agar tetap berjalan dan bisa menjawab akses keuangan yang ada di daerah-daerah terpencil dengan adanya teknologi,” kata Kusumaningtuti di Jakarta, Jumat (18/11).

Kusumaningtuti mengatakan, dalam menyusun aturan tersebut, pihaknya sangat berhati-hati karena antusiasmenya sangat banyak.

“Sebagai regulator, kita terus perhatikan kepentingan konsumen yang beragam, Selain itu, juga aspek-aspek perlindungan konsumen kita masukan di dalam peraturan tersebut, sehingga mereka tetap harus memperhatikan hak dan kewajiban konsumen pengguna,” katanya.

Kita ingin tetap tumbuh, agar terjadi terobosan agar akses keuangan yang ditargetkan bisa menjangkau daerah terpencil, pulau terluar dan daerah tidak terjangkau, bisa terjawab dengan menggunakan Fintech,” kata Kusumaningtuti.

Menurutnya, perkembangan Financial Teknologi sangat pesat, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia.

Ia menyebutkan, data transaksi di Indonesia yang menggunakan teknologi di tahun 2015 mencapai  590 Miliar Dolar US.

“Hal itu menunjukan jumlah peningkatan sebesar 10 persen dibanding tahun 2014. Saya kira ini akan terus meningkat baik di tahun ini dan tahun depanya lagi,” kata Kusumaningtuti, seraya menambahkan, alasan kenapa transaksi penggunaan teknologi tersebut meningkat, karena terjadi kemudahan akses keuangan.

“Yang sebelumnya ada pesyaratan yang kompleks di fasilitas konvesional, itu bisa ditanggulangi dengan kecanggihan teknologi. Hal ini tentu merupakan sebuah kemajuan di dalam Financial teknologi itu sendiri,” pungkasnya. (infojambi.com/Rel/A)

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.