Orang Rimba Serahkan Senjata Lagi

Orang Rimba serahkan kecepek kepada Kapolda (foto : ist)

INFOJAMBI.COM – Merespon penyadaran hukum yang gencar dilakukan Polri, beberapa pimpinan kelompok Orang Rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Bungo menyerahkan puluhan pucuk senjata api.

Senjata laras panjang rakitan (kecepek) itu diserahkan langsung kepada Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, di halaman Polres Bungo, Sabtu (27/11/2021).

Ketua SAD Tumenggung Badai secara sukarela menyerahkan senjata-senjata yang didominasi laras panjang. Selama ini warga SAD sudah biasa memakai kecepek untuk berburu hewan di hutan.

Dari Dusun Peninjau, senjata diserahkan oleh Rio Afrizal, dan dari Dusun Pelayang diserahkan oleh Camat Bathin II Pelayang. Kapolda menerimanya didampingi Irwasda, Karo Ops dan Direktur Intelkam.

“Silahkan diambil Pak Kapolda. Kami sudah sadar. Kami akan berburu pakai tombak dan anjing. Tidak pakai kecepek lagi,” ungkap Tumenggung Badai setelah menyerahkan 25 pucuk kecepek..

Kapolda menyambut gembira. “Terima kasih Tumenggung. Saya minta tolong jangan pakai kecepek lagi berburu. Kalau masih ada yang memilikinya, tolong serahkan ke kapolres ya,” tegasnya.

Kapolda menjelaskan pada Orang Rimba dan masyarakat, senjata api walaupun kecepek, berbahaya terhadap keselamatan nyawa manusia. Di Bungo sudah ada korban.

“Saya minta anggota terus memberi penyadaran hukum. Masyarakat dan SAD mulai paham dan sadar, sehingga tercipta situasi aman dan kondusif,” ujar Kapolda.

Kapolres Bungo, AKBP Guntur Saputro menambahkan, 25 pucuk kecepek yang diserahkan berasal dari sejumlah kecamatan. Dia minta tidak ada lagi warga memakai kecepek.

“Kami terus sosialisasikan tentang ini ke masyarakat,” kata Guntur.

Pada kesempatan yang sama Kapolda menyerahkan piagam penghargaan kepada personil Polres Bungo, sebagai wujud apresiasi institusi terhadap personil.

Kapolda juga menyerahkan piagam penghargaan kepada relawan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bungo, karena mendukung penuh percepatan vaksinasi covid-19.

Penghargaan diserahkan pada Wakapolres Bungo Kompol Ridwan JM Hutagaol. Ridwan merupakan koordinator vaksinasi antar umat beragama, dan ketua pelaksana vaksinasi massal yang diselenggarakan Alumni Bintara Polres Bungo.

Penulis : Andra Rawas | Editor : Dodik

Kategori Bungo,Hukrim

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.