Pameran Situs Purbakala Hadir Di KotaJambi

INFOJAMBI.COM – Untuk penyebarluasan informasi nilai penting Situs Sangiran dan informasi beberapa situs sejenis di Indonesia, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) mengadakan Pameran Road Show Sargiran di KotaJambi.

Road Show Sangiran hadir di lima kota besar di Sumatera, yaitu Medan (18-22 Oktober 2017), Pekanbaru (1-5 November 2017), Jambi (8-12 November 2017), Palembang (15-19 November 2017), dan Bandar Lampung (22-26 November 2017).

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP), Sukronedi, mengatakan, ada 20 fosil yang dipamerkan, mulai dari fosil binatang laut, rawa, serta darat.

Sukronedi mengungkapkan, fosil Sangiran ada kurang lebih 40.000 fosil yang ditemukan ada 30 %. Sisanya 70 % masih tersimpan dalam tanah, dan masih banyak lagi yang belum tergali.

Tujuan diadakan pameran ini untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang arti pentingnya fosil. Pameran Museum Manusia Purba Saringan diadakan di salah satu mal di Kota Jambi.

Pameran dibuka tanggal 8 – 12 November 2017, menyajikan koleksi replika temuan manusia purba jenis homoerectus dari Situs Sangiran dan beberapa situs lain, koleksi berbagai temuan artefak dan fosil fauna.

Situs Sangiran adalah salah satu situs prasejarah penting di Indonesia. Potensi Situs Sangiran akan tinggalan masa lalu terendapkan dalam tanah berusia jutaan tahun sllam.

Bukti-bukti kehidupan masa lalu dari masa 2,4 juta tahun hingga 250.000 tahun ditemukan dalam kuantitas dan kualitas prima, bahkan dunia mengakuipotensi Situs Sangiran sebagai salah satu Warisan Dunia.

“UNESCO menilai Sangiran salah satu situs kunci pemahaman evolusi manusia. Dengan temuan 80 individu, sisa manusia purba jenis homoerectus,” ujar Sukronedi.

Situs Sangiran menyumbang 50 % populasi temuan homoerectus dunia. artefak sebagai budaya manusia telah menjadi bukti kecerdasan manusia purba dalam memanfaatakan alam. (Yudi Pramono – Jambi)

 

Kategori Merangin,Wisata - Seni - Budaya

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.