Pangdam Sriwijaya Kagum Lihat Cara Polda Jambi Tanggulangi Karhurla

Penulis : Andra Rawas || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Apresiasi tinggi disampaikan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, kepada Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pangdam Agus Suhardi menilai Kapolda Jambi memiliki inovasi luar biasa dalam hal pencegahan karhutla. Itu dibuktikan dengan dididirikannya command center yang dikengkapi aplikasi Asap Digital oleh Polda Jambi.

Aplikasi Asap Digital Polda Jambi dilengkapi Closed Circuit Television (CCTV) yang mampu memantau secara dini dan cepat potensi kebakaran.

Menurut Agus, ide Kapolda Jambi ini luar biasa. Dengan aplikasi Asap Digital ini deteksi bisa lebih cepat. Jangankan api, asap saja sudah bisa terdeteksi.

“Dengan aplikasi Asap Digital, pencegahan dan penanggulangan karhutla bisa dilakukan lebih cepat. Luar biasa,” kata Agus kagum, melihat ruang Command Centre Polda Jambi, Selasa siang, 8 September 2020.

Aplikasi sejenis ini juga ada di Sumatera Selatan. Hanya saja peralatannya tidak secanggih dan akurat milik Polda Jambi. Hanya bisa memantau asap dan personil, tidak real time.

“Kalau di Polda Jambi ini ada CCTV yang memberikan gambaran nyata di lapangan,” jelas Agus yang mendapat penjelasan langsung dari Kapolda Jambi.

Kunjungan Pangdam Sriwijaya ini dihadiri Wakapolda Jambi Brigjen Pol Dul Alim, Dirreskrimsus Kombes Pol Edi Faryadi serta pejabat utama Polda Jambi lainnya. ***

Kategori Hukrim

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.