Senin, 20 Mei 2019 | 23:52

Pasca Pembangunan Ulang, Masjid Darussalam Siap Sambut Bulan Suci Ramadhan

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : M ASRORI S

Masjid Darusaalam.

INFOJAMBI.COM – Masjid Darussalam yang berada di Kelurahan Pakuan Baru, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi ini, awalnya dibangun sekitar tahun 1950, hanya memiliki satu lantai dan ruangan yang tidak begitu luas. Masjid ini berdiri diatas tanah seluas lima tumbuk wakaf dari Alm.Satria.

Warga sekitar dan keluarga pemilik tanah wakaf berunding dan menyetujui, untuk merobohkan bangunan masjid yang sudah lama serta berencana membangunan kembali masjid Darussalam. Setelah dibangun kembali, kini masjid Darussalam memilik dua lantai dan ruangan yang cukup luas

Dana untuk membangunnya berasal dari Infaq warga dan relawan, bahkan tak hanya warga sekitar, tapi ada sumbangan relawan dari luar Negeri.

Masjid Darussalam selesai dibangun pada 2 Februari 2019 lalu, diresmikan langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs. Muchlis A.S. M.H.

Menurut keterangan pengurus masjid Darussalam, M Nurdin, lantai pertama menjadi ruang utama untuk Ibadah sholat lima waktu dan kegiataan keagamaan lainnya.

Sementara dilantai dua hanya dibuka pada saat pelaksanaan sholat Jum’at serta tempat mengaji bagi anak-anak warga disekitar kawasan Masjid, kata Nurdin, Rabu (24/4/2019).

“Setiap hari ada sekitar 200 anak-anak yang belajar mengaji di masjid Darussalam dan dibimbing oleh sepuluh guru mengaji,” ujar Nurdin.

Khusus menyambut bulan Ramadhan tahun ini (1440 H ) untuk pertama kali pasca pembangunan kembali Masjid Darussalam akan menyediakan makanan untuk berbuka puasa, bagi warga muslim Kota Jambi.

“Ramadhan nanti, setiap hari juga ada tadarusan,” ujar Nurdin yang juga menjabat sebagai Ketua RT di Kelurahan Pakuan Baru ini.

Nurdin menambahkan, nantinya di masjid Darussalam akan dibangun perpustakaan Islami. Agar anak-anak sekitar masjid lebih mudah mendapatkan bahan bacaan dan literatur dalam mengenal dan memahami agama Islam.

Disamping itu, kata Nurdin, masjid Darussalam ini juga mempunyai kegiatan Remaja Masjid. Mereka seminggu sekali mengadakan pengajian jadwalnya setiap Jumat malam Sabtu.

Sementara salah seorang warga sekitar masjid, Hermansyah, mengaku bangga karena di tempat tinggalnya ada masjid yang begitu megah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.***

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.