Pastikan Maju Independen, Romi – Robby Optimis Masih Bersama PAN

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto || foto : facebook

INFOJAMBI.COM — Romi Hariyanto dan Robby Nahliyansyah, pasangan bupati dan wakil bupati Tanjung Jabung Timur saat ini, yang juga kader murni Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan maju kembali di Pilkada Tanjabtim 2020.

Namun, keduanya memilih maju sebagai pasangan calon perseorangan. Kepastian ini seketika membuat gempar perpolitikan Jambi. Pasalnya, Romi – Robby diketahui kader terbaik PAN.

Untuk diketahui, pada Pilbup Tanjabtim 2015, PAN mengusung keduanya lantaran mereka peraih suara terbanyak pertama dan kedua.

Romi saat itu berhasil menduduki jabatan ketua DPRD periode ketiga. Robby peraih suara terbanyak di Dapil II, sedangkan Romi di Dapil I.

Pada pemilu 2019, PAN kembali memimpin perolehan suara. Jika pemilu 2014 hanya 15 kursi, pada 2019 berhasil ditambah dua kursi, menjadi 17 dari total 30 kursi dewan.

Rentetan kesuksesan itulah yang kemudian membuat gempar, karena Romi – Robby justru memilih maju independen.

Berbagai spekulasi mencuat. Mulai isu mahar politik, isu perpecahan kepengurusan PAN di tingkat DPW, hingga isu yang dikaitkan dengan pemilihan Gubernur Jambi yang direncanakan serentak dengan Pilbup Tanjabtim.

Bupati Romi blusukan ke Rantau Rasau || foto : willy bronson

Menyikapi spekulasi-spekulasi yang berkembang, ditemui di sela rakornas investasi tahun 2020 bersama Presiden Joko Widodo, di Ritz-Carlton, Jakarta, Kamis (20/2/2020), Romi tegas mengatakan keputusannya maju independen sama sekali bukan karena alasan yang diperkirakan.

“Saya ini, termasuk Robby, kader murni PAN. Kami ini darah daging PAN. Tidak mungkin kami berkhianat dengan PAN. Tidak usah diragukan soal komitmen kami berjuang untuk PAN,” jelasnya.

Menurut Romi, keputusan mereka maju independen karena dukungan masyarakat sudah sangat besar.

“Jadi tidak mungkin lagi kami mematahkan semangat masyarakat yang sudah bersusah payah mengumpulkan dukungan itu,” katanya.

Awalnya, keputusan maju independent hanya salah satu opsi mengantisipasi perkembangan politik nasional, yang ketika itu belum bisa diprediksi. Terutama berkaitan dengan rencana Rakernas PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Masih kata Romi, keputusan maju independen sudah melalui berbagai pertimbangan, teknis maupun psikologis. Intinya dia tidak akan mundur lagi. Besok pagi Romi dan Robby mendaftar ke KPU Tanjabtim.

Romi membenarkan bahwa dia dipanggil ke DPW PAN Jambi malam ini. Dia memastikan hadir bersama Robby Nahliyansyah.

Romi enggan berandai-andai. Jika DPW memintanya membatalkan rencana maju independen, itu mustahil dipenuhi.

Namun jika DPW kemudian justru mengambil sikap mendukung langkah Romi – Robby, maka sebagai kader, Romi – Robby dipastikan terus memperjuangkan PAN dalam kondisi apapun.

Soal kemungkinan PAN mengusung calon lain, Romi juga tak mau berandai-andai. Bagi Romi, PAN darah dagingnya. Dia optimis masih bersama PAN, bukan saja saat ini, tapi juga jauh ke masa depan. #

Kategori Politik,Tanjung Jabung Timur

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.