Senin, 24 September 2018 | 15:12

Pawai Obor Api APG, Catat Rekor Terbesar Libatkan Masyarakat

Laporan Bambang Subagio

Pawai obor api Asian Para Games di arak keliling Kota Makasar.

INFOJAMBI.COM – Masyarakat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, antusias menyambut kirab Obor Api Asian Para Games (APG) ke III /2018, yang diarak keliling di ‘Kota Anging Mamiri’ Rabu (12/9/2018).

Ketua Panitia Pelaksana Asia Para Games 2018 (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, mengatakan, seluruh yang hadir dalam kirab di Kota Makassar merupakan pelaku dan saksi sejarah.

“Ini akan menjadi kesan yang sangat luar biasa, khususnya masyarakat Sulsel. Selain itu, ada sekitar 20 ribu orang turun ke jalan untuk kampanye kemanusiaan mendukung Asian Para Games,” ujar Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, di lapangan Karebosi Kota Makassar, Rabu (12/9/2018).

Menurut Okto, Kota Makassar dipilih sebagai kota yang dilalui obor APG 2018, karena merupakan pusat perjuangan Indonesia Timur dan Kota Anging Mamiri ini, juga disebut ramah dengan kaum disabilitas.

“Saya sudah banyak ngobrol dengan Wali Kota Makassar, Pak Danny Pomanto (Mohammad Ramdhan Pomanto). Bukan dia yang bilang Makassar layak bagi para penyandang disabilitas, tapi masyarakat yang sangat menerima para penyandang disabilitas,” kata Okto.

Okto mengungkapkan, mengarak api obor juga dimaksudkan, untuk menyampaikan kepada masyarakat agar lebih menerima para penyandang disabilitas.

“Terima kasih Makassar. Pawai obor dengan tagline Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas telah mendapat tempat di hati masyarakat,” tegas Okto.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengungkapkan kehadiran obor APG 2018, di Makassar merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi masyarakat Sulsel.

“Kita berharap, bisa membawa nama besar Indonesia. Kita juga berharap semoga ini menjadi spirit tersendiri buat masyarakat Sulsel, setelah api obor Asian Games belum lama ini juga singgah di Kota Makassar. Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik, bagi Kota Makassar dan Sulsel. Sehingga kami berharap ada prestasi yang akan tercipta di Asian Para Games nanti,” kata Nurdin Abdullah, yang baru saja dilantik sebagai Gubernur Sulsel.

Kirab obor APG 2018 di Kota Makassar, selain dihadiri Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, juga hadir Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen TNI Budi Sulistijono, Walikota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto dan pejabat setempat.***

Editor : M Asrori S


Kategori Olahraga

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.