Selasa, 11 Desember 2018 | 17:14

Pawai Obor dan Renungan Suci Sambut Peringatan HUT RI di Merangin

Laporan Teguh

Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi saat lepas pawai obor HUT RI ke 73.

INFOJAMBI.COM – Dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, Pemkab Merangin, Kamis malam (16/8/2018), menggelar pawai obor dan upacara renungan suci untuk menghormati para pahlawan kusuma bangsa yang gugur di medan perang.

Pawai obor dilepas Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi, star di depan kantor Bupati Merangin, diikuti barisan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pramuka, Pelajar, Polisi, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, pasukan petugas BPBD dan sejumlah instansi serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Iring-iringan ratusan api obor yang terus berkobar melambangkan semangat perjuangan itu. Menempuh rute dari depan kantor bupati Merangin, menuju kearah simpang KONI Bumi Masurai Bangko, lalu melalui jalur dua depan Gedung DPRD Merangin.

“Pawai obor ini merupakan agenda tahunan Pemkab Merangin, digelar setiap malam tanggal 16 Agustus. Tujuan kita agar para generasi muda dan seluruh masyarakat, mengenang jasa perjuangan para leluhurnya, untuk merebut kemerdekaan,” ujar Plh Bupati.

Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi (kiri).

Sebelum pawai obor itu dilepas, dilakukan upacara TAPTU dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar di halaman depan kantor Bupati Merangin dipimin Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi.

Sementara tengah malam, Jumat dini hari (17/8/2018), Pemkab merangin juga melaksanakan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Patriot Bhakti, berlangsung benar-benar sunyi. Suasana hening menyelimuti acara sakral tersebut.

Seluruh lampu dipadamkan, kegiatan diawali dengan pembacaan naskah renungan suci oleh inspektur upacara Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama, dilanjutkan mengheningkan cipta dan penyalaan obor.

Para peserta upacara dianatranya Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi, para Forkopimda, Polisi, TNI, Satpol PP dan para pejabat dijajaran Pemkab Merangin, tampak khusuk mengikuti jalannya upacara yang digelar setahun sekali itu.

“Malam ini kita melakukan renungan ke titik balik, mengenang perjuangan para pahlawan kita yang gugur di medan perang, untuk meraih kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini,” ujar Plh Bupati Merangin, H Sibawaihi.

Upacara renungan sebagai wujud penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur untuk merebut, meraih dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.***

Editor : M Asrori S


Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.