Pawai Ta’aruf dan Kendaraan Hias Selalu Jadi Ikon Pelaksanaan MTQ

ADVERTORIAL

Kendaraan hias kafilah tuan rumah Kabupaten Batanghari.

INFOJAMBI.COM – Tradisi Pawai ta’aruf dan pawai kendaraan hias selalu tampil menjadi Ikon atau simbol yang mewarnai rangkaian kegiatan setiap kali pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Termasuk MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Jambi, berlangsung di Kota Muara Bulian Kabupaten Batanghari.

Pawai ta’aruf dan pawai kendaraan hias itu dilepas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Jambi, H Apani Saharudin, Sabtu (21/7/2018).

H Apani mengajak masyarakat setempat dan semua pihak terkait, untuk menyukseskan penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan MTQ ke 48 tingkat Provinsi di Batanghari.

Animo masyarakat Batanghari, khususnya di Kota Muara Bulian dalam menyambut MTQ begitu tinggi, seperti tampak pada pelaksanaan pawai ta’aruf yang berlangsung di Bulian Sport Center (BSC) Muara Bulian.

Sejak pagi, warga telah berbondong-bondong untuk menyaksikan pawai ta’aruf, star dari lapangan Garuda Kota Muara Bulian, hingga sepanjang rute menuju Bulian Sport Center (BSC) Muara Bulian sejauh dua kilometer.

Tampak hadir di tenda utama , Wabup Batanghari Hj.Sofia Joesoef,SH, Sekda Batanghari H. Bahktiar,SP, dan pejabat Forkopimda Batanghari. Pawai Ta’aruf selain diikuti peserta dari 11 kabupaten/kota juga diikuti barisan tokoh agama, siswa dan pelajar, drum band, santri pondok pesantren yang ada di Batanghari.

Kendaraan hias kafilah MTQ Kabupaten Tebo.

“Pemerintah kabupaten dan kota, selain mengirim kafilah MTQ juga mengikut-sertakan berbagai macam budaya dengan ciri khas daerah masing-masing termasuk kendaraan mobil hias, turut meramaikan pawai ta’aruf. Alhamdullilah, antusias masyarakat Batanghari dan sekitarnya juga sangat baik,” H Apani.

Kendaraan Hias

Kabupaten Tanjab Timur, menampilkan mobil hias bertema tradisi ritual Mandi Safar. Ritual ini untuk meminta kepada Sang Kuasa, agar terhindar dari bahaya, penyakit dan mensucikan diri dari dosa dengan menceburkan diri ke laut setiap bulan Safar.

Begitu juga dari Tanjab Barat menampilkan kendaraan hias, mengangkat tema miniatur ikan cempakul. Ikan khas dari Tanjab Barat. Kabupaten Sarolangun dengan miniatur Mesjid As Shultan, sedangkan Kota Jambi mengangkat tema Angso Duo dan masjid kebanggaan dakyat Jambi, Masjid Agung Al Falah mesjid seribu tiang.

Sementara Muaro Jambi memamerkan mobil hias bertema miniatur destinasi Candi Muaro Jambi, dan Kabupaten Tebo menampilkan Mesjid Al-Ittihad. Sedangkan tuan rumah Kabupaten Batanghari bangga menampilkan kendaraan hias dengan miniatur Al Buraq.

Kota Sungai Penuh menampilkan rumah adat dan masjid agung setempat, sedangkan Kabupaten Kerinci menampilkan miniatur masjid Kramat, Kabupaten Merangin menyajikan wisata berbunga. ( Maria/Agus-Novri )

Editor : M Asrori S

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.