Pembangunan PLTMH Lubuk Bangkar Proyek Pertama di Jambi

ADVERTORIAL

Wagub Jambi, H Fachrori Umar.

INFOJAMBI.COM – Wakil Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar, mengatakan, pembangunan pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Desa Lubuk Bangkar Kecamatan Batang Asai, bertujuan untuk membantu masyarakat yang belum menikmati aliran listrik dan tentunya upaya ini sangat baik serta harus didukung secara optimal.

Pernyataan Wagub itu disampaikan saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan PLTMH di Desa Lubuk Bangkar Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun Jambi, Jumat (6/4).

PLTMH ini dibangun merupakan hasil kerjasama UNDP, Baznas, Bank Jambi, dengan pengadaan Turbin Generator dan pembangunan power house baru kapasitas listrik 60 kW serta dapat dimanfaatkan untuk 283 Rumah Tangga, dua sekolah, lima masjid dan mushola, satu Balai Desa dan lima Gardu atau Posyandu.

“Saya berharap masyarakat Desa Bangkar khususnya, agar secara bersama terlibat untuk menjaga serta memelihara PLTMH, termasuk menjaga sumber aliran air yang ada,” harap Wagub H Fachrori Umar.

Sekretaris Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Wawan Supriatna, mengaku tersentuh melihat kondisi masyarakat pedesaan yang belum menikmati aliran listrik, khususnya di Jambi.

Setelah 72 tahun Indonesia merdeka, masih banyak saudara-saudara kita yang belum bertemu cahaya listrik, apalagi menikmatinya untuk keperluan hidup sehari-hari,” ungkap Wawan.

Pembangunan PLTMH Lubuk Bangkar Batang Asai Jambi, didukung Baznas Pusat dan Bank Jambi, kata Wawan, merupakan salah satu terobosan dan upaya membantu Pemerintah menggunakan dana non Pemerintah.

“Selamat untuk saudara kami di Desa Lubuk Bangkar mendapatkan pelayanan pertama dari Baznas menyediakan fasilitas PLTMH. Begitu juga pihak Bank Jambi sudah membantu untuk revitalisasi fasilitas PLTMH, serta pihak UNDP akan memberikan pengawalan dan asistensi teknis sampai berhasil dinikmati oleh masyarakat,” papar Wawan Supriyatna.

Deputi Country Director UNDP Indonesia, Mrs. Fracine Pickup, mengungkapkan terkait gagasan pembangunan PLTMH ini, merupakan bagian dari proyek fasilitas lingkungan global guna mendukung energi terbarukan di Indonesia, pengentasan kemiskinan, pembangunan yang berkelanjutan.

Deputi Country Director UNDP Indonesia, Mrs. Fracine Pickup.

“Kami senang berada di Desa yang sangat indah ini, untuk menyaksikan peletakan batu pertama proses pembangunan PLTMH yang akan mengalirkan arus listrik pertama kalinya di Desa Lubuk Bangkar dan kami merasa bahwa proyek ini sangat penting mampu memberikan cahaya dan penerangan, sehingga adik-adik, anak-anak bisa belajar mengaji, sholat di malam hari dan Ibu Ibu bisa melahirkan dengan selamat dan Bapak dan Ibu bisa memanfaatkan listrik untuk menggiling kopi mengemasnya, sehingga lebih menarik untuk dijual atau mengolah keripik dan juga singkong dari kebun sendiri,” ungkap Mrs. Fracine Pickup.

Menurut Mrs. Fracine Pickup, pembangunan PLTMH diperkirakan akan selesai sebelum Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018. Diharapkan setelah rampungnya pembangunan perlu dibentuk kelompok masyarakat yang akan mengelola dan melatih operator mesin, supaya PLTMH bisa bertahan lama.

“Kami bahagia ini merupakan pertanda eratnya kerjasama antara Baznas, Bank Jambi, UNDP dan Pemerintah Indonesia, sekaligus melalui kerjasama ini, kami berkontribusi dalam pendirian empat PLTMH, yaitu Desa Lubuk Bangkar Sarolangun, Desa Ngaol, Air Liki merupakan tiga Desa di Merangin, yang akan melayani lebih 4,500 orang, sekolah, posyandu, masjid dan usaha usaha masyarakat.”

Wakil Ketua Baznas Pusat, Dr. Zainul Bahar Noor, mengatakan, tugas Baznas menghimpun zakat serta mendistribusikan kepada yang berhak menerima. Namun dalam Pembangunan PLTMH Lubuk Bangkar Sarolangun Jambi, merupakan hal yang pertama dilakukan secara nasional.

“Terlalu banyak Desa tidak dialiri listrik dan ini sudah ada Rp 4 miliar, dana yang diberikan sebagai program pembangunan zakat untuk membantu masyarakat dengan harapan meningkatkan ekonomi masyarakat juga bisa menjadi pengusaha kopi dan lainnya yang dapat dimanfaatkan disini,” ungkap Dr Zainul Bahar Noor.

Bupati Sarolangun H. Cek Endra, tentu sangat mengharapkan dengan pembangunan PLTMH Lubuk Bangkar Batang Asai, akan meningkatkan taraf hidup serta berdampak positif pada perekonomian masyarakat dengan adanya listrik, ujarnya. ( Raihan/Mulyadi )

Editor : M Asrori S

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.