Pembimbing Disertasi S3 UAS, Syeikh Omar al-Ma’ruf Ali Wafat

Laporan Sidik Mustakim dari Sudan || Editor : Doddi Irawan

UAS bersama Syeikh Omar al-Ma’ruf Ali

INFOJAMBI.COM — Pembimbing disertasi Ustadz Abdul Somad (UAS), yang juga Guru Besar Hadits Universitas Islam Omdurman, Sudan, Syeikh Prof Dr Syeikh Omar al-Ma’ruf Ali, wafat, Sabtu (9/5/2020) waktu Sudan.

Syekh Omar dimakamkan di Desa Syaikh Alma’ruf , Barat Daya Jabal Aulia, Provinsi Khartoum, Sudan, Minggu (10/5/2020).

Kabar ini disampaikan melalui rilis oleh Universitas Islam Omdurman, di ibu kota Sudan, Khartoum.

Syeikh Omar al-Ma’ruf Ali merupakan Guru Besar Hadist Fakultas Usuluddin, Universitas Islam Omdurman. Dia pernah lebih 30 tahun menjadi Da’i Liga Dunia Islam (Rabithah Alam Islami).

Syekh Omar telah banyak menghasilkan cendekiawan, peneliti, serta memiliki siswa yang tersebar di seluruh dunia. Salah satunya ulama kondang Indonesia asal Riau, Profesor DR Abdul Somad MA .

Almarhum merupakan pembimbing disertasi Doktor Bidang Hadist UAS, yang pada 24 Desember 2019 telah mengadakan Ujian Promosi Doktor dengan judul “Kontribusi Hadratus-Syaikh Muhammad Hasyim Asyari (1871-1947) dalam penyebaran hadits di Indonesia”, dengan nilai cumlaude di World Research and Studies Institute (IWRSI), Universitas Islam Omdurman, Sudan.

Universitas Islam Omdurman merupakan perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi Sudan.

Universitas ini berdiri resmi pada tahun 1912, diawali dengan perkumpulan sekelompok ulama dan para pemikir ilmu pengetahuan Sudan yang ingin mendirikan sebuah lembaga Islam, diantaranya Lembaga Studi Islam dan Ilmu Bahasa pada tahun 1901.

Kampus yang sudah lebih dari 100 tahun berdiri ini memiliki 20 fakultas dan lima pusat penelitian, di dalam maupun luar Sudan, dengan puluhan ribuan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, serta banyak menghasilkan ulama tingkat dunia. (penulis adalah kontributor infojambi.com di sudan dan mahasiswa pascasarjana asal sarolangun)

Kategori Dunia

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.