Pemerintah Terus Melakukan Pembinaan Terhadap Ormas-LSM

Sekda Merangin, H Sibawaihi ll Foto: Teguh

BANGKO – Sebanyak 41 orang pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan 32 orang pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mengikuti kegiatan pembinaan Ormas yang dilaksanakan Pemkab Merangin, di aula Kesbangpol, Selasa (28/1).

Pembinaan terhadap Ormas dan LSM ini, bertujuan untuk lebih meningkatkan perannya mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah, ujar Sekda Merangin, H Sibawaihi.

Melalui pembinaan ini, Sekda berharap adanya hubungan signifikan antara Ormas/LSM dengan Pemerintah, terutama dalam membangun struktur sosial, budaya dan hubungan antar masyarakat dan wilayah.

Disamping itu lanjut Sekda, pembinaan yang dilakukan juga untuk meningkatkan kapasitas anggota Ormas/LSM dengan mempererat kerjasama antar organisasi.

Dikatakan Sekda, Ormas dan LSM merupakan mitra kerja Pemerintah, dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat.

Tak heran bila kemudian lembaga tersebut, terbentuk, tumbuh subur dan hidup di tengah-tengah masyarakat.  Selain itu Ormas/LSM dapat menumbuh kembangkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Semua itu endingnya berorientasi pada pencapaian tugas pembangunan nasional. Harus kita akui Ormas/LSM memiliki peran konsultatif, advokatif, edukatif serta mempunyai fungsi menyalurkan aspirasi,” tegas Sekda.

Disamping itu Ormas/LSM, juga berfungsi sebagai wadah pemberdayaan masyarakat dan wadah menjalankan aktivitas, sekaligus sebagai sarana untuk ikut berpartisipasi membangun daerah.

Tidak hanya itu, Ormas/LSM juga berfungsi kemitraan dan komunikasi sebagai mitra berbagai pihak dengan komponen lain.

“Jadi perlu adanya keharmonisan antara Pemerintah, Ormas dan LSM,” pungkas Sekda. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.