Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 6 Mei

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : M ASRORI S

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

INFOJAMBI.COM – Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menetapkan awal Ramadhan 1440 H, berdasarkan keputusan Sidang Isbat dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019), memutuskan 1 Ramadhan 1440 H/2019 M, jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019.

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, menjelaskan, penentuan hari pertama ramadhan diambil setelah mendengarkan sejumlah laporan soal posisi hilal dan keterangan para ahli serta berdasarkan pemaparan anggota tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama, Cecep Nurwendaya, bahwa ketinggian hilal sudah di ketinggian 4.52 derajat sampai 5.72 derajat.

Masalah ini diperkuat dengan hasil pemantauan hilal dari seluruh Indonesia. Bahkan menurut Menag, ada sembilan petugas rukhyat yang meyampaikan testimony, di bawah sumpah diantaranya dari Bangkalan, Gresik, Lamongan Makassar, Brebes, dan Sukabumi. Mereka menyampaikan bahwa melihat hilal.

“Mendengar kesaksian petugas kita, seluruh peserta sidang isbat sepakat menetapkan 1 Ramadan 1440 H, jatuh pada Senin 6 Mei 2019,” kata Lukman Hakim dalam keterangannya usai Sidang Isbat di Kementerian Agama.

Sementara Kemenag Provinsi Jambi melalui tim rukyat, Minggu sore (5/5/2019), juga melakukan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1440 H /2019 M, di puncak gedung Hotel BW Luxury, Kota Jambi.

Tim rukyat melakukan rukyat didukung menggunakan peralatan berupa dua unit tropong jenis Vixion monting HEQ 5 dengan aplikasi stelarrium dan Tropong Teodolit DT-205L telah disiapkan dan terpasang di lokasi.***

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.