Pemkab Merangin Gelar Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur

Laporan Teguh


(ilustrasi) Sholat Idul Adha tahun lalu di Bangko (foto Humas)

INFOJAMBI.COM – Menyambut lebaran Idul Adha 1439 H, Pemerintah Kabupaten Merangin rencananya Rabu (22/8/2018) memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1439 H di Masjid Baitul Makmur Sungai Misang Bangko.

Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini, bertindak sebagai Khatib Mahmud Dongaran, yang merupakan Ketua Pengadilan Agama Negeri Kabupaten Merangin dan Imamnya H Tengku Iskandar, pimpinan Pompes Limbur Merangin.

Asisten I Setda Merangin H Syafri saat memimpin apel pagi di halaman tengah Kantor Bupati, berharap semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh pegawai bisa hadir melaksanakan Shalat Idul Adha tersebut.

“Mari kita dengan penuh kebersaman semua pegawai dan para pimpinan untuk bersama-sama melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur,”ujar H Syafri.

Usai Shalat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, para pegawai diintruksikan untuk pergi ke masjid di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing melaksanakan pemotongan hewan kurban, guna memakmurkan masjid.

Sekedar diketahui, acara utama dalam perayaan Idul Adha adalah makan besar, dimana seluruh umat Muslim dapat ikut serta berpartisipasi. Menu makanan yang disajikan daging dari pemotongan hewan kurban.

Hal ini sebagai simbol dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing.

Idul Adha merupakan hari libur resmi bagi Umat Islam dan menjadi hari libur nasional, sehingga umat Muslim dianjurkan berpakaian tradisional Muslim dan beribadah sebanyak-banyaknya di mesjid.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Agama,Merangin

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.