Pemkab Merangin Peringati Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari lahir Pancasila di Merangin ll Foto : Teguh

BANGKO – Pemkab Merangin hari ini, kamis (01/6) juga memperingati hari lahirnya Pancasila, dihalaman kantor Bupati Merangin.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipimpin Wabup Merangin, H A Khafid Moein,  dikuti satuan Polisi, Brimob, TNI, Satpol PP dan Korpri dilingkungan Pemkab Merangin.

Presiden RI, Joko Widodo, dalam sambutannya dibacakan Wabup Merangin, mengatakan. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila, 01 Juni 1945, yang kemudian dipidatokan Ir Soekarno, Piagam Jakarta 22 Juni dan rumusan final Pancasila 18 Agustus 1945.

Pemerintah melalui Keppres Nomor 24 tahun 2016, 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila.

Menurut Wabup, berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia. Sekarang ini ke-Bhinneka-an itu, sedang diuji.

Ada pandangan dan tindakan yang mengancam ke-Bhinneka-an dan keiklasan, ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan, tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial.

“Kita bisa terhidar dari masalah itu. Kita bisa hidup rukun dan bergotongroyong untuk memajukan negeri. Tentu dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional, untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” ujar Wabup.

Wabup HA Khafid Moein menambahkan, upacara peringatan hari lahir Pancasila, tahun ini baru yang  kali pertama dilaksanakan, dan setiap tanggal 1 Juni seterusnya akan tetap diperingati sebagai hari lahir Pancasila. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.